• News

  • Megapolitan

Resmikan Pembangunan Gardu Listrik RSS, Gubernur Anies: Babak Baru Pembangunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NNC - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pembangunan Gardu Distribusi Listrik Receiving Substabtion (RSS) MRT di Taman Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, merupakan babak baru dalam sejumlah tahapan pembangunan MRT Jakarta.

"Saya sampaikan terimakasih kepada jajaran PLN yang telah mendampingi proyek MRT dengan memberikan energi listrik untuk mendukung MRT," kata Anies, Jumat (13/7/2018).

"Penyambungan ini kita harap menjadikan tahapan-tahapan MRT bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu," lanjutnya.

Dikatakan Anies, setelah adanya aliran listrik, pada 23 Juli nanti sesuai rencana akan dilakukan pengujian persinyalan di jalur utama MRT.

Selanjutnya, tahapan pengujian lain bisa dilakukan termasuk ujicoba rangkaian kereta sebagai tahapan terakhir sebelum MRT Jakarta beroperasi pada Maret 2019.

"Jika sebelumnya kita hanya bisa melihat rangkaian kereta yang telah datang April lalu, nanti bisa langsung diujicobakan di jalur utama hingga masyarakat bisa menikmati MRT Jakarta yang akan beroperasi Maret tahun depan," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gardu Distribusi Listrik Receiving Substabtion (RSS) MRT Jakarta di Taman Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/7) petang.

RSS Taman Sambas MRT Jakarta merupakan gardu penerima distribusi listrik dari PLN yang dipasok dari Gardu Induk Pondok Indah dan CSW.

MRT Jakarta menggunakan grade 150 kV. Dari RSS Taman Sambas ini pasokan listrik didistribusikan ke gardu traksi di setiap stasiun untuk memenuhi operasional utilitasnya dan untuk pengoperasian kereta.

Dirinya menambahkan, Pemprov DKI juga tertarik dengan sebuah terobosan yang ada di Gardu Distribusi Listrik ini, yang dibangun di bawah tanah.

"Bagi kita, instalasi di bawah taman ini jadi konsentrasi pembahasan. Nanti kami akan eksplorasi lebih jauh teknik seperti ini," ujar Anies.

Diketahui, Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Gardu Distribusi Listrik Receiving Substabtion (RSS) MRT Jakarta di Taman Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018). Gardu tersebut nantinya berfungsi sebagai pemasok aliran listrik MRT.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?