• News

  • Megapolitan

Proyek 6 Ruas Jalan Tol, Gubernur Anies Berbeda Pendapat dengan Sandiaga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno
dok.Okezone
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno

JAKARTA, NNC - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerangkan, proyek pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota di Jakarta saat ini terus berlangsung. Menurutnya, proyek yang digagas oleh mantan Gubernur Sutiyoso itu kini diambil alih oleh Pemerintah Pusat.

"Wewenangnya sudah diambil (pemerintah) pusat," kata Anies, Sabtu (14/7/2018).

Sebelumnya pada 15 Juni 2017 silam, Presiden Jokowi menerbitkan Perpres Nomor 58 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mengandung penambahan 55 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru.

Berbeda dengan Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berkilah proyek pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta itu telah menjadi Proyek Strategis Nasional. Selain itu, proyek itu sudah dalam proses pengerjaan dan sudah menyerap seribu lapangan kerja.

Diakuinya, jika dirinya saat ini terus memantau pengerjaan proyek 6 tol itu di Kepala Gading, Jakarta Utara. Sandi menjamin, jika sudah beroperasi, jalan tol itu bisa dilintasi bus Transjakarta yang terintegrasi dengan moda transportasi lain.

Panjang keenam ruas tol itu adalah 69,77 kilometer. Sandi mengatakan proyek bernilai Rp 41,17 triliun itu terbagi dalam tiga tahap dan akan rampung seluruhnya pada tahun 2023.

Sandi mengatakan pembangunan enam jalan tol dalam kota Jakarta sudah terlanjur dibangun, sehingga pilihannya adalah merampungkan proyek tersebut.

"Kami hentikan polemiknya dan kami pastikan tidak menambah kemacetan justru menampung bus Transjakarta," terangnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?