• News

  • Megapolitan

Gubernur Anies Minta Hal Ini ke Abang None Buku

Gubernur DKI Jakarta menyambangi Taman Ismail Marzuki dan melihat hasil karya seni.
NNC/Anhar Rizki Affandi
Gubernur DKI Jakarta menyambangi Taman Ismail Marzuki dan melihat hasil karya seni.

JAKARTA, NNC - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan bertajuk Malam Grand Final Pemilihan Abang dan None Buku (ABNONKU) Tingkat Provinsi 2018, di Plenary Hall, Panggung Utama Indonesia International Book Fair (IIBF), Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (14/9/2018) malam.

Dalam pemilihan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan agar Abang dan None yang menjadi finalis bukanlah Abang-None pada umumnya. Melainkan, Abang None Buku yang punya tambahan tugas untuk mengkampanyekan kebiasaan membaca di warga Jakarta.

Menurutnya, kebiasaan membaca adalah kunci sebuah bangsa untuk maju. Kebiasaan itu akan menjadi budaya dengan cara diajarkan dan memiliki proses pendisiplinan. Kebiasaan inilah yang akhirnya menjadi Kebudayaan, lalu menjadi Peradaban.

"Oleh karena itu, yang sedang kita bangun sama-sama lewat kegiatan Abang None Buku Tingkat Provinsi Tahun 2018 ini adalah mengkampanyekan, mengajarkan, lalu tahap berikutnya adalah membiasakan membaca," kata Anies saat memberi sambutan dalam acara Pemilihan Abang dan None Buku (ABNONKU), Jumat (15/9/2018) malam.

Diketahui, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat baca melalui Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut Anies berharap tradisi untuk mengkampanyekan kebiasaan membaca menjadi tanggung jawab seluruh warga Jakarta. Jika hal ini dilakukan, maka Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa pembelajar.

"Karena itu, 10 finalis yang ada di sini, tidak ada yang kalah. Yang ada adalah, you win or you learn. There is no loser. Karena itu semua yang di tempat ini punya masa depan, dan kesempatan yang sama, juga berharap banyak lagi kegiatan untuk membaca di lingkungan kita," ujar Anies.

Sebelum mencapai final, kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 3 September 2018, di mana setiap 60 peserta ABNONKU yang terlibat adalah perwakilan dari 5 wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten Administrasi yang mengikuti karantina, gladi resik, hingga babak final.

Turut hadir Deputi Gubernur Bidang Pariwisata Mara Olowan Siregar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta Wahyu Haryadi, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, segenap perwakilan Wali Kota dan Bupati Administratif, serta dewan juri Abang None Buku Tahun 2018.

Untuk diketahui, malam Grand Final Abang None Buku Tingkat Provinsi 2018 yang mengambil tema "Dari Baca, Kamu Bisa Segalanya" ini termasuk dalam rangkaian kegiatan IIBF yang berlangsung pada 12-16 September 2018 di JCC Plenary Hall Jakarta Pusat.

Adapun mengenai urutan peringkat juara Abang None Buku Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

1. Peringkat I diraih oleh Farhan Arrazi, nomor peserta 17 dari Jakarta Barat;

2. Peringkat II diraih oleh William Gilarso, nomor peserta 21 dari Jakarta Timur;

3. Peringkat III diraih oleh Ibrahim Sultan Jaya Sabrina, nomor peserta 41 dari Jakarta Pusat;

4. Harapan I diraih oleh Ahmad Arif, nomor peserta 23 dari Jakarta Utara;

5. Harapan II diraih oleh Ameer Rafy Rozelly, nomor peserta 1 dari Jakarta Selatan.

Kategori: None Buku

1. Peringkat I diraih oleh Vivi Tri Meidiani Putri, nomor peserta 56 dari Jakarta Utara;

2. Peringkat II diraih oleh Fatmawati Indah Putri, nomor peserta 20 dari Jakarta Selatan;

3. Peringkat III diraih oleh Nadzira Zada, nomor peserta 18 dari Jakarta Timur;

4. Harapan I diraih oleh Alya Nabila, nomor peserta 60 dari Jakarta Selatan;

5. Harapan II diraih oleh Sarwenda Kusuma Wardani, nomor peserta 4 dari Kepulauan Seribu.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?