• News

  • Megapolitan

Kematian Ibu Melahirkan Meningkat, Gubernur Anies Akui Kondisi Kesehatan Masih Rendah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Win Net News
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NNC - Kejadian kematian yang dialami ibu melahirkan, paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Hal itu membuktikan kondisi kesehatan masyarakat Jakarta, khususnya ibu hamil di Jakarta, belum sepenuhnya baik.

Demikian dikatakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat Kampanye Pencegahan Stunting di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018).

"Di Jakarta, masih ada kejadian seperti itu. Paling banyak di Barat kejadiannya, di Utara. Itu tantangan di kita," kata Anies.

Anies menyampaikan, dalam setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI, ia senantiasa beresan kepada jajarannya supaya hal itu bisa ditekan.

"Di Jakarta ini tidak seharusnya ada ibu melahirkan, setelah melahirkan dikuburkan. Ibu itu seharusnya melahirkan, lalu izinkan dia pulang bersama bayinya," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menyampaikan, meski terkenal sebagai kota maju, masalah kemiskinan dan ketimpangan di Jakarta, juga sebenarnya sangat besar.

Anies mencontohkan, ketiadaan akses terhadap air bersih yang dialami 42 persen warga, juga 49 persen warga yang tidak memiliki tanah sendiri.

"Di Jakarta, jangan cuma lihat yang tampak mata di orbit sekitar kita. Karena di Jakarta, yang namanya ketimpangan, kemiskinan, itu masalah yang amat besar dan mendasar. Dan, kita ingin secara serius membereskan itu. Pemprov juga berharap, Pemerintah Pusat mendukung," tutur Anies.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?