• News

  • Megapolitan

Tukang Parkir Pemicu Kerusuhan dan Pembakaran Polsek Ciracas Ditangkap

Polsek Ciracas hangus terbakar
kabartoday
Polsek Ciracas hangus terbakar

JAKARTA, NNC - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pascakerusuhan yang berujung pada pembakaran Polsek Ciracas, polisi menangkap seorang tukang parkir berinisial AP di rumahnya. AP diduga terlibat dalam pengeroyokan anggota TNI dan anggota Paspampres di Jakarta Timur.

Kepada media, Argo menyebutkan, polisi masih memburu tiga orang lainnya yang berinisial I, H, dan D. Ketiganya juga diduga terlibat pengeroyokan. "Tiga orang ini masih kita cari segera akan kita lakukan penangkapan. Karena peran mereka masing-masing sudah kita ketahui daripada pelaku AP ini," kata di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018).

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap AP, diketahui peran AP saat mengeroyok anggota TNI adalah  memegang korban dan ikut memukulnya. Sementara ketiga orangnya ikut memukuli korban.

“Ya kan ada seorang kapten tentara itu Angkatan Laut itu sedang membenarkan motor, kemudian ada tukang parkir yang memperbaiki parkirannya dan mengenai korban. Iya (kesenggol),” kata Argo kemudian terjadi keributan.

Akibat peristiwa itu, ratusan orang kemudian mendatangi mapolsek dan membakar sejumlah mobil. Mereka tak puas atas penanganan kasus pengeroyokan anggota TNI dan anggota Paspampres di Cibubur yang terjadi pada Senin (10/12/2018).

Dari peristiwa kerusuhan Polsek Ciracas, tiga orang mengalami luka-luka. Salah satunya yang menjadi korban adalah Kapolsek Ciracas Kompol Agus Widar yang kini dirawat di rumah sakit Kramat Jati. Sementara dua orang lainnya adalah sopir Kapolres Metro Jakarta Timur dan satu lagi anggota Resmob.

Menurut Argo, perusakan disusul pembakaran Polsek Ciracas terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (11/12/2018) hingga dini hari. Ratusan orang mendatangi mapolsek dan membakar sejumlah mobil. Mereka tak puas atas penanganan kasus pengeroyokan anggota TNI dan anggota Paspampres di Cibubur yang terjadi pada Senin (10/12/2018).

Kapolres Jakarta Timur Kombes Yoyon Tony Surya Putra dan Kompol Agus sempat  menemui mereka memberitahu bahwa pelaku masih dalam pengejaran. Tak puas dengan jawaban itu, massa kemudian merusak mobil, kantor bahkan membakarnya.

Selain membakar kantor polisi tersebut, massa juga merusak 24 mobil terdiri dari 13 mobil operasional Polri dan satu kendaraan TNI milik Denpom. Polisi kemudian mengungsikan tujuh tahanan ke Polda Metro Jaya.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?