• News

  • Megapolitan

Sempat Disebut Tak Nyaman, Suasana CFD Kembali Terlihat Teratur

Suasana car free day di Jalan Thamrim
uzone
Suasana car free day di Jalan Thamrim

JAKARTA, NNC - Setelah sempat disebut tak lagi nyaman, kini kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-MH Thamrin, pada Minggu (13/1/2018) terlihat teratur.

Berdasarkan pantauan, warga yang datang menggunakan sepeda atau yang hanya berjalan-jalan kecil di sekitar lokasi CFD terlihat leluasa saat melintasi kawasan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Ketua Komunitas Olahraga Yayasan Jantung Sehat Jakarta (YJSJ), Budi Susilo mengungkapkan, kawasan CFD sekarang tak nyaman lagi.

"PKL dan pengamen dengan suara berisik di mana-mana. Sampah berserakan di sana sini. Kami sudah melayangkan surat protes ke gubernur, semoga segera ditertibkan,” kata Budi.

Yayasan yang dikelolanya secara rutin melakukan olahraga jalan kaki yang diikuti ratusan anggota.

"Kami sangat terganggu karena jalannya tersendat-sendat saking penuhnya PKL dan PMKS,” protes Budi

Namun dari pantauan dilapangkan pada Minggu, para PKL tampak berjualan di atas trotoar dan tidak lagi menggelar lapak dagangannya sampai badan jalan.

Begitu juga kalangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang biasanya mengamen seenaknya di kawasan tersebut, tidak seramai minggu-minggu sebelumnya.

Kotoran sampah juga tak lagi berserakan di badan jalan. Karena sejumlah petugas kebersihan siap siaga di kawasan itu.

"Kami tidak melarang PKL berjualan di CFD, asal tertib dan tidak mengganggu warga yang beraktivitas," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko saat dihubungi.

Yani mengatakan, untuk menertibkan PKL dan pengamen, pihaknya cukup menggunakan cara persuasif.

"Sebenarnya CFD itu tak perlu dijaga, asal semua pihak disiplin. PKL jangan berjualan di bahu atau badan jalan. Cukup lapak digelar di trotoar," sambungnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?