• News

  • Megapolitan

Dirjen OTDA Usulkan Syarat Penyerahan LHKPN untuk Cawagub DKI

Balaikota DKI Jakarta
Bisnis Wisata
Balaikota DKI Jakarta

JAKARTA, NNC - Parpol pengusung Anies-Sandi, PKS dan Partai Gerindra diusulkan menjadikan penyerahan Laporan Kekayaan Harta Penyelenggara Negara ( LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai salah satu syarat calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta.

Usulan tersebut dikatakan Dirjen Otonomi Daerah (OTDA) Kemendagri, Soni Sumarsono. Meskipun belum menjadi penyelenggara negara, menurut Soni LHKPN dianggap perlu.

"Sebab, tiga cawagub yang disodorkan PKS itu, bila nanti terpilih otomatis juga akan menjadi penyelenggara negara," kata Soni Sumarsono melalui pesan singkatnya, Jumat (1/2/2019).

Apalagi menurut Soni, mantan wagub DKI Sandiaga Uno salah satu penyelenggaraan negara yang rajin menyerahkan LHKPN kepada KPK sebelum terpilih menjadi wagub DKI.

" LHKPN kan untuk penyelenggara negara, mereka kan belum sebagai penyelenggara negara? Bila mau dan dijadikan syarat, bagus juga dilaksanakan sebagai calon penyelenggara negara sebagai bagian dari dukungan terhadap kebijakan anti korupsi yang dipelopori KPK," ujar Soni.

Hal senada juga dikatakan, Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS), M Syaiful Jihad. Menurutnya, para cagub dan cawagub saat bertanding di Pilkada juga menyerahkan LHKPN ke KPK sebagai salah satu syarat.

Tiga cawagub itu kan juga nantinya sebagai penyelenggara negara dan sebagai wakil gubernur, mestinya sama dong, dan harus,” ujar Syaiful.

Bahkan, tambah Syaiful, KPK sendiri sering mengatakan jangan memilih cagub dan cawagub yang tidak jujur memberikan laporan LHKPN.

"Nah, KPK sendiri statementnya begitu, jangan memilih yang tidak jujur (walaupun sudah menyerahkan tapi tidak jujur jangan dipilih). Nah, masa iya tiga cawagub PKS itu tidak mau menyerahkan LHKPN? Kasihan warga Jakarta ‘dipaksa’ punya wagub seperti itu," tutur Syaiful.

"Penyerahan LHKPN ke KPK juga harus masuk dalam tatib pemilihan cawagub yang sedang disusun oleh DPRD," lanjutnya.

Diketahui, ada tiga kader PKS yang diajukan menjadi cawagub, yakni mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?