• News

  • Megapolitan

Gubernur Anies Ingin Jadikan Glodok Destinasi Utama Wisata Ibukota

Gubernur DKI  Anies Baswedan ingin menjadikan kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi utama wisatawan.
NNC/Wahyu Praditya
Gubernur DKI Anies Baswedan ingin menjadikan kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi utama wisatawan.


JAKARTA, NNC - Berbagai hiburan dan kuliner hingga pernak-pernik khas Tiong Hoa disuguhkan dalam memeriahkan acara Festival Pecinan 2019, sebagai rangkaian peringatan Cap Go Meh yang digelar di kawasan Glodok Pancoran, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).
 
Gubernur DKI  Anies Baswedan, yang membuka kegiatan tersebut  ingin menjadikan kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi utama wisatawan di ibukota.

"Saya berharap kawasan Glodok yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dapat menjadi tempat berkunjung. Tidak hanya warga Jakarta, tetapi juga masyarakat global," kata Anies saat menyampaikan sambutannya.

Keinginan Anies didasarkan pada sejarah panjang keberadaan kawasan Pecinan di Glodok.

"Kawasan ini jadi tempat bertemu banyak masyarakat global, sehingga terjadi persenyawaan, yakni munculnya entitas baru masyarakat di Indonesia," ujarnya.
 
Anies berharap budaya masyarakat Tionghoa di Jakarta tidak hanya dilestarikan, tetapi juga berkembang.  "Jika cuma dilestarikan, ia akan menjadi museum. Namun, jika dikembangkan, ia akan ada terus untuk generasi masa depan," ujar Anies.

Sementara itu,  Ketua Panitia Festival Pecinan 2019,  Anwar Budiman mengungkapkan acara ini yang kedua kali digelar secara berturut setelah tahun lalu digelar di tempat yang sama.

Anwar menambahkan Festival ini merupakan rangkaian acara 20 Tahun berdirinya Perhimpunan Indonesia – Tiong Hoa (INTI) pada bulan April nanti. Iapun memastikan ke depannya INTI siap untuk bekerja sama dan mendukung program-program Pemprov DKI. Terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya pembinaan UMKM dan ekonomi kreatif seperti dalam festival kali ini,” ungkapnya.
 
Adapun dalam acara Festival Pecinan 2019 turut dimeriahkan sejumlah aksi kesenian kebudayaan Tionghoa dan juga Betawi. Mulai dari pagelaran tari dan musik Tionghoa, parade Koko dan Cici, Barongsai, Liong, Guzhen, Potechi Cinwa, hingga Tari 1000 Tangan Dewi Kuan Im.

Untuk kebudayaan Betawi yang ditampilkan Gambang Kromong, ‎Ondel-Ondel dan Enggrang. Adapula sejumlah UMKM kuliner juga turut meramaikan kemeriahan.
 
Festival Pecinan 2019 sendiri berlangsung pada Selasa ini hingga Rabu (20/2/2019), di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menargetkan 5.000 pengunjung menghadiri festival tahunan tersebut.
   

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?