• News

  • Megapolitan

Hari Ini DPRD DKI bakal Tentukan Tarif MRT

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi
Istimewa
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meyatakan, tarif Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta akan disepakati pada Senin (25/3/2019) atau sebelum operasional komersil pada Senin, 1 April 2019.

"Senin (25/3/2019) Insyaallah akan diketok," kata Prasetio di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019) kemarin.

Politisi PDIP ini menyatakan, pada Senin (25/3/2019) rencananya Komisi B dan C DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat pimpinan gabungan untuk menentukan tarif MRT.

Dia menyebut kira-kira harga yang akan disepakati di antara harga Rp 10 ribu-Rp 16 ribu.

Nantinya, kata Prasetio, tarif juga ditentukan berdasarkan jarak tempuh penumpang. Sehingga setiap penumpang dapat dikenakan tarif yang berbeda.

"Kalau duduk masuk Rp 3 ribu nih, nah per kilometernya Rp 1000. Kalau mau ke halte yang satunya lagi naik seribu, enggak langsung tek tek Rp 16 ribu," ujar Prasetio.

Karena hal itu, ia menilai masyarakat Ibukota mampu untuk membayar tarif MRT yang ada.

"Saya rasa masyarakat Jakarta mampu lah, kan kita untuk menekan dan mengurai masalah kemacetan. Jadi layak lah segitu supaya Jakarta agak lebar," jelasnya.

Sebelumnya, MRT Jakarta fase pertama diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Minggu, (24/3/2019) di Bundaran HI, Jakarta Selatan. Peresmian ini diadakan saat Car Free Day dan dimeriahkan oleh artis papan atas yaitu D'Massiv, Naff dan Barasuara.

Presiden Jokowi menyatakan peresmian MRT dibarengi dengan dimulainya pembangunan MRT fase kedua dengan rencana rute Bundaran HI - Kota.

"Hari ini sebuah peradaban baru akan kita mulai dengan diresmikannya MRT fase pertama. Ini baru fase pertama. Hari ini kita canangkan untuk masuk fase kedua. Tahun ini saya sudah perintahkan Gubernur untuk bangun rute Jakarta Utara," ungkap Jokowi.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?