• News

  • Megapolitan

115 Unit Rusun untuk Relokasi Warga Pasar Ikan

Petugas dari Walikota Jakarta Utara mendata warga yang memiliki usaha di Pasar Ikan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. (Netralnews/YC Kurniantoro
Petugas dari Walikota Jakarta Utara mendata warga yang memiliki usaha di Pasar Ikan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. (Netralnews/YC Kurniantoro

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 115 unit rumah susun untuk menampung relokasi warga yang terkena penertiban di Pasar Ikan Luar Batang, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, dalam rangka Revitalisasi Kawasan Wisata Bahari.

Hal itu disampaikan Staf Suku Dinas Perumahan Jakarta Utara Budi Siswanto saat ditemui di Posko Terpadu Penertiban Revitalisasi Kawasan Wisata Bahari di halaman parkir Museum Bahari, Jakarta Utara, Rabu (30/3/2016).

"Dari pemerintah sudah menyiapkan relokasi ke dua rusun, 75 unit di Rusun Marunda dan 40 unit di Rusun Rawa Bebek," kata Budi.

Menurut Budi, jumlah tersebut yang sudah disiapkan pihak Pemprov DKI, namun tidak menutup kemungkinan ditambah lagi, mengingat jumlah warga penghuni kawasan terdampak penertiban berjumlah sekira 310 KK.

"Tentunya selama yang mendaftar memenuhi persyaratan, yakni memang pemilik rumah, ber-KTP DKI Jakarta, dan bukan pengontrak, masih akan kami tampung," kata Budi.

Namun demikian Budi belum bisa memastikan bagi warga yang menempati bangunan di atas air bisa memperoleh relokasi ke rusun, sebab rencana awalnya rusun hanya diberikan kepada warga yang menempati rumah di atas tanah.

Penertiban dilakukan terhadap bangunan usaha maupun rumah yang berada di RT 001, RT 002, RT 011 dan RT 012 di RW 04 Pasar Ikan, Kelurahan Penjaringan.

Kepada warga pada Rabu, juga telah disebarkan Surat Peringatan Ke-1 untuk mengosongkan atau membongkar sendiri bangunan di wilayah tersebut dalam kurun waktu 7x24 jam.

Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Antaranews

Apa Reaksi Anda?