Ilustrasi petugas KPPS. (malangtimes)

Pilkada DKI

Ini Syarat Menjadi Petugas KPPS

Rabu, 11 Jan 2017 | 22:08 WIB | Megapolitan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI akan merekrut kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) untuk difungsikan di 13.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah ibukota, pada Pilkada DKI 15 Februari 2017.

Rancananya, dalam satu TPS diperlukan sembilan orang, yang terdiri dari tujuh orang petugas dan dua orang yang merupakan petugas ketertiban dan keamanan.

"Jadi keseluruhan ada 117.207 personel yang akan direkrut," kata Komisioner KPU DKI M Sidiq di Kantor KPU DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Sidiq menjelaskan, rekrutmen ini sudah diumumkan melalui media cetak dan media lain, termasuk spanduk dan diumumkan di semua kelurahan, terkait persyaratan harus dipenuhi untuk menjadi anggota KPPS.

"Bagi yang berminat untuk jadi anggota KPPS dipersilakan mengajukan persyaratan berupa umur 25 tahun, ijazah SMA, ada surat keterangan kesehatan," ujarnya.

Persyaratan lain, menurut Sidiq, petugas KPPS bukan merupakan anggota partai politik, serta tidak pernah terlibat tindakan pidana.

"Bukan anggota parpol atau tidak menjadi tim sukses atau tim kampanye, tidak pernah dipidana, tidak pernah mendapat hukuman dari KPU atau DKPP, dan pembatasan KPPS tak boleh lagi yang sudah menjabat dua periode berturut-turut yaitu 2005-2009 dan 2010-2014," jelas Sidiq.


Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro