Selasa, 22 Agustus 2017 | 19:45 WIB

  • News

  • Megapolitan

Alumni 212 Tuntut Tak Ada Lagi Kriminalisasi Ulama

Massa Alumni 212 di depan Komnas HAM (dok.poskota)
Massa Alumni 212 di depan Komnas HAM (dok.poskota)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Ratusan massa yang mengatasnamakan  alumni 212 menggelar aksi long march ke Komnas HAM di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017). Mereka menuntut tak ada lagi kriminalisasi pada ulama. Mereka berniat mengadukan kasus yang tengah membelit Habib Rizieq Shihab.

Pendemo bergerak usai sholat Jumat dari Sunda Kelapa ke Komnas HAM. Aparat kepolisian mengawal aksi pendemo.  Ketua Presidium Alumni  212, Ansufri Idrus Sambo mendesak tim investigasi Komnas HAM mengusut tuntas dugaan kriminalisasi terhadap ulama.

Dia pun berharap tim investigasi Komnas tersebut dapat mengusut tuntas kasus tersebut.  “Kami ini datang hanya minta keadilan, agat tak ada lagi kriminalisasi terharap ulama,” ujarnya.

Kriminalisasi yang dimaksud Sambo ini merujuk pada kasus chat pornografi   yang dikait-kaitkan dengan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Menurut Sambo, alumni 212 akan membawa kasus itu ke pengadilan Internasional jika tak diselesaikan. "Kalau tidak bisa di Indonesia, kita akan bawa ke Internasional," kata Sambo.

Mereka juga membawa kain putih berukuran cukup panjang yang berisi petisi atau tandatangan untuk mendukung kinerja tim investigasi Komnas HAM. Sambo mengatakan,  setiap minggunya para Alumni 212 akan mendatangi kantor Komnas HAM.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?