Sabtu, 23 September 2017 | 05:35 WIB

  • News

  • Megapolitan

Pengamat: Jika Anies-Sandi Tak Sebanding Ahok, Rakyat Akan Melawan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan - Sandiaga Uno (istimewa)
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan - Sandiaga Uno (istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat politik Arbi Sanit mengatakan, tanda-tanda kegagalan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan - Sandiaga Uno  dalam mereleasikan janji-janji mereka saat kampanye Pilkada DKI 2017 lalu mulai terlihat.

Sebagai contoh sikap inkonsistensi Anies - Sandi, disebutkan Arbi, soal janji mereka, yakni program pembelian rumah down payment (DP) atau uang muka nol rupiah, yang awalnya untuk warga berpenghasilan maksimal Rp7 juta, kini program tersebut justru diperuntukan bagi yang berpenghasilan Rp7 Juta hingga Rp10 Juta per bulan.

"Jadi gejala gagalnya sudah mulai tampil, jadi DP rumah 0 rupiah sudah mulai dialihkan ke kalangan menengah ke atas," kata Arbi kepada Netralnews.com, Minggu (16/7/2017).

Soal reklamasi, Anies - Sandi semasa kampanye dengan lantang menolak reklamasi. Kini, seakan-akan mereka tak berkutik karena Pemerintah Pusat melalui Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, siapapun pemimpin daerahnya, proyek reklamasi harus tetap dijalankan.

"Soal reklamasi, dia akan menghentikan reklamasi, lalu dilawan oleh pemerintah pusat. Tidak ada urusan menghentikan karena itu kebijakan nasional," ungkap Arbi.

Selain itu, ia juga menyinggung gaya kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang telah menciptakan standar yang tinggi dalam membangun ibukota, dengan berbagai inovasi serta ketegasannya melawan korupsi.

Hal ini bukan tidak mungkin akan membuat Anies - Sandi kedodoran dan mendapat protes dari masyarakat, jika mereka tidak mampu bekerja lebih baik, atau minimal menyamai prestasi Ahok.

"Ahok itu leadershipnya sangat inovatif, berani melawan koruptor, menciptakan standar yang sangat tinggi, sehingga penggantinya kedodoran," pungkasnya.

"Jika dia (Anies-Sandi) tidak akan mampu mengikuti irama Ahok, lalu dia akan dilawan oleh rakyat. Itu analisa saya. Jadi sekarang siap-siap saja kalau gagal menjalankan tugas," tutup Arbi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?