Kamis, 23 November 2017 | 08:30 WIB

  • News

  • Nasional

Presiden Jokowi Angkat Antasari Azhar Jadi Jaksa Agung, Benarkah?

Mantan Ketua KPK Antasari Azhar.
Elshinta
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Nama mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar disebut-sebut bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai jaksa Agung menggantikan HM Prasetyo. Setidaknya itulah kabar yang beredar di media massa hari ini, Rabu (13/9/2017). Lalu, bagaimana tanggapan Antasari Azhar terkait kabar tersebut?

"Saya belum tahu (kabar tersebut, red)," kata Antasari saat dihubungi wartawan, Rabu (13/9/2017) hari ini.

Adapun, suami dari Ida Laksmiwati itu mengatakan siap, jika Presiden Jokowi menunjuk dirinya sebagai Jaksa Agung.

"Jika memang presiden terbitkan Keppres (Keputusan Presiden) untuk itu saya siap demi penegakan hukum berkeadilan untuk bangsa tercinta ini," kata Antasari. 

Diketahui sebelumnya, Partai besutan Megawati Soekarnoputri menilai mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar adalah sosok yang layak menjadi Jaksa Agung. Usulan pun disampaikan karena trackrecord Antasari Azhar di bidang hukum sudah cukup panjang, sehingga dinilai layak memimpin lembaga yang kini dijabat kader Partai NasDem, HM Prasetyo itu.

Di jalur penegakan hukum, Antasari pernah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Dia dianggap mengetahui betul tentang anatomi korps Adhyaksa serta mengetahui tugas dan fungsinya secara baik dan benar.

Kini, usulan tersebut sepertinya mendapat respons positif dari Presiden Jokowi. Dia mengatakan siapapun dapat memegang jabatan sebagai Jaksa Agung berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Berkaitan dengan usulan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan, pihaknya belum memiliki rencana untuk mengganti Jaksa Agung saat ini yang dijabat oleh HM Prasetyo.

"Siapapun bisa saja menjadi Jaksa Agung. Tapi sampai sekarang saya belum ada pikiran ke sana," kata Presiden Jokowi awal Frebuari 2017 lalu. Seiring dengan itu, Presiden Jokowi sendiri sudah bertemu dengan Antasari Azhar pada 26 Januari 2017 yang lalu.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?