Minggu, 24 September 2017 | 10:00 WIB

  • News

  • Nasional

Antasari Azhar Ingatkan Pimpinan KPK untuk Siap Hadapi Hal Ini

Mantan Ketua KPK Antasari Azhar.
Istimewa
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar meminta agar pimpinan KPK saat ini harus siap dengan proses politik di DPR. Dalam hal ini menghadapi Pansus Hak Angket KPK yang diinisiasi oleh DPR. Menurutnya, kondisi yang tidak bisa dilepaskan jika suatu saat akan bersinggungan dengan situasi politik karena KPK lahir oleh proses politik. Misalnya, kondisi saat ini, sejak awal suka atau tidak suka KPK wajib hormati langkah DPR dengan hak angketnya.

"Kalau dipanggil, ya hadiri saja dan jawab pertanyaan sesuai fakta yang ada, namun penegakan hukum harus jalan terus. Tidak ada kompromi untuk koruptor," Antasari kepada wartawan di Jakarta, Rabu kemarin.

Meski demikian, Antasari mengingatkan, KPK juga harus tetap di jalur penegakan hukum pemberantasan korupsi. Selain itu, pimpinan KPK saat ini harus mampu tingkatkan soliditas internal dan menempatkan diri sebagai pemersatu di internal,

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini KPK tetap menolak jika dipanggil oleh Pansus Hak Angket KPK. Lembaga anti rasuah itu berasalan pendirian Pansus Hak Angket KPK tidak ada legalitas.

Tidak hanya itu, lembaga yang dipimpin oleh Agus Rahardjo itu menolak penuhi panggilan itu,  karena masih menunggu hasil gugatan uji materi terkait pembentukan angket terhadap lembaga antikorupsi itu di Mahkamah Konstitusi (MK) sebagaimana disampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR selama dua hari berturut-turut, Senin-Selasa (11-12/9/2017) di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Jakarta.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?