Kamis, 14 Desember 2017 | 23:59 WIB

  • News

  • Nasional

Ini Menurut Tommy Soeharto soal Film G30S/PKI

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto
Netralnews/Adiel Manafe
Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto menyatakan film G30S/PKI merupakan gambaran dari sejarah yang sebenarnya. Hal itu dikatakan putra Presiden RI ke- 2 Suharto tersebut menanggapi banyaknya pro dan kontra terkait kebenaran film tersebut.

"Sangat layak (untuk ditonton). Kita tidak bisa memungkiri sejarah, itulah sejarah yang sebenarnya," kata Tommy, Minggu (24/9/2017).

Sebelumnya pemutaran film G30S/PKI menuai pro dan kontra. Sebagian masyarakat berpendapat pemutaran film tersebut tak layak dilakukan karena tak sesuai fakta dan sebagai alat propaganda pemerintah Orba.

Lebih lanjut Tommy berharap tidak ada pemutarbalikan sejarah. "Kita harapkan tidak ada pemutar balikan sejarah," ujarnya.

Tommy mengatakan tidak ada paksaan kepada masyarakat untuk memutar ulang film tersebut. Ia menyebut siapapun dapat menonton film tersebut tanpa ada yang menghalang-halangi.

"Saya tanyakan siapa yang memaksa? Kan nggak ada yang memaksa. Kalau nggak mau nonton juga nggak ada yang menghalangi," tambah Tommy.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengusulkan pemutaran kembali film G30S/PKI di lingkup internal institusinya. Dia menegaskan acara nonton bareng film kontroversial itu memang perintahnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?