Kamis, 14 Desember 2017 | 23:49 WIB

  • News

  • Nasional

Kapolri Ingin Besaran Gaji Anggota Densus Tipikor Sama dengan Pegawai KPK

Ilustrasi personel kepolisian bersenjata lengkap.
Istimewa
Ilustrasi personel kepolisian bersenjata lengkap.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menginginkan gaji personel Densus Tipikor sama dengan gaji pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Orang nomor satu dikepolisian itu menyebut total personel Densus Tipikor lebih dari 3.000 orang. Ia pun menjelaskan detail anggaran.

"Sebanyak 3.560 personel ini bisa kita penuhi dari yang sudah ada. Anggaran bahwa perlu dipikirkan tentang satu, penggajian kepada anggota supaya mereka sama dengan di KPK," kata Tito di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

"Sistem anggaran penyidikan dan penyelidikan jangan indeks tapi adcost, ini kelebihan di teman KPK mungkin diterapkan di Densus," sambungnya.

Menurutnya, struktur Densus ini akan dibawahi seorang bintang dua, akan dibentuk satgas tipikor di kewilayahan yang dibagi 3 tipe dan kedudukan kadensus berada langsung di bawah Kapolri.

Tito pun menyebut detail anggaran ini. Jika ditotal, Densus Tipikor membutuhkan biaya lebih dari Rp2 triliun untuk beroperasi.

"Belanja pegawai 3.560 sebesar Rp 786 M, barang untuk operasi lidik dan sidik Rp 359 M, belanja modal Rp 1,55 T, termasuk pembentukan sistem dan kantor pengadaan alat-alat lidik, surveillance, penyidikan, dan lain-lain," papar Tito.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?