Rabu, 13 Desember 2017 | 06:38 WIB

  • News

  • Sains

NASA: Kemungkinan Planet Misterius Itu Ada

NASA mengklaim planet misterius, Planet Nine, memang ada.
Live Science
NASA mengklaim planet misterius, Planet Nine, memang ada.

PASADENA, NETRALNEWS.COM - Telah banyak diperdebatkan diantara komunitas sains selama bertahun-tahun, namun sekarang NASA mengklaim bahwa planet misterius, Planet Nine memang ada.

Peneliti sekarang menggunakan Subaru Telescope di Hawaii dengan harapan bisa menemukan Planet Nine, dan berharap pendeteksiannya juga akan memperoleh titik terang. Para peneliti juga percaya ada bukti kuat akan keberadaan Planet Nine.

"Sekarang ada lima jalur pengamatan yang berbeda yang menunjukkan keberadaan Planet Nine,” kata astrofisikawan planet di Caltech di Pasadena, yang timnya mendekati penemuan Planet Nine, Dr Konstantin Batygin, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (13/10/2017).

Pada tahun 2016, Dr Batygin menerbitkan sebuah penelitian yang meneliti orbit enam benda di Sabuk Kuiper, yakni daerah yang jauh dari badan es yang membentang dari arah Neptunus menuju ruang antarbintang.

Temuannya mengungkapkan bahwa benda-benda itu semua memiliki orbit elips yang mengarah ke arah yang sama dan dimiringkan 30 derajat ke bawah dibandingkan dengan bidang di mana delapan planet mengelilingi matahari.

Untuk menyelidiki hal ini lebih jauh, para peneliti menggunakan simulasi komputer dari tata surya dengan Planet Nine termasuk didalamnya, dan menunjukkan bahwa seharusnya ada lebih banyak benda yang miring pada 90 derajat ke bidang ke delapan planet.

Akhirnya, para periset mendemonstrasikan bagaimana kehadiran Planet Nine bisa menjelaskan mengapa benda Sabuk Kuiper mengorbit dalam arah yang berlawanan dari yang lain di tata surya.

“Tidak ada model lain yang bisa menjelaskan keanehan orbit yang cenderung tinggi ini. Ternyata Planet Nine menyediakan jalan alami bagi generasi mereka,” kata Dr Batygin.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?