Selasa, 21 November 2017 | 07:54 WIB

  • News

  • Hiburan

Suara Emas The Resonanz Children Choir dalam Drama Musikal Suara Hati

The Resonanz Children’s Choir akan tampil di Teater Jakarta 18-19 November.
DjarumFoundation
The Resonanz Children’s Choir akan tampil di Teater Jakarta 18-19 November.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC) asuhan konduktor Avip Priatna akan menghadirkan pertunjukan berkualitas dalam pementasan bertajuk "Suara Hati" 18-19 November 2017 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Paduan suara ini sukses meraih juara pertama pada kategori Choir, Public Audience Award dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung di kota Tolosa, Spanyol, tanggal 2-5 November 2017 lalu.

Kisah ini diawali oleh Alena (Anna Felita Ekaputri), 14 th, seorang penyanyi di Paduan Suara Sangita yang merasa gundah karena Nico, sang pelatih sekaligus konduktor Sangita Choirs memutuskan untuk pindah ke West End, London. Padahal beberapa bulan terakhir ia belajar bagaimana menjadi konduktor yang baik pada pelatihnya tersebut. Alena punya mimpi untuk kelak menjadi konduktor kelas dunia.

Suatu hari selagi Alena menyanyi dan bermain piano dengan penuh perasaan di ruangan musik sekolahnya, tiba-tiba masuklah Bayu (Bimashakti N. Ksatriya) yang bersembunyi dari kejaran teman-teman sekolahnya, Ronnie "The Rocker" (Antonio Krisanto) dan geng. Bayu dibully karena memiliki ibu yang berjualan jamu dan sejak saat itu Alena dan Bayu menjadi sahabat.

Alena memperkenalkan Bayu yang suka musik klasik & bersuara indah, dengan Sangita Choirs dan mengikuti audisi. Bayu lolos audisi Paduan Suara Sangita, sementara Ronnie merasa tersiksa karena harus membungkam suara hatinya dan menyembunyikan minatnya akan musik klasik dari ayahnya yang otoriter dan menghendaki Ronnie untuk menekuni bidang lain.

Kisah para anak-anak yang diangkat dalam Suara Hati ini akan ditampilkan dengan lantunan suara emas secara live dari TRCC. Salah satu paduan suara anak terbaik di Indonesia yang telah meraih berbagai penghargaan tingkat International di Asia, Amerika dan Eropa ini juga akan menampilkan kemampuan akting dan menari mereka. Drama musikal ini juga akan menampilkan para solois andalan Indonesia, seperti Christine Tambunan, Farman Purnama, Fitri Muliati, dan Renno Krisna.

“Proses produksi drama musikal Suara Hati sudah dilakukan sejak awal tahun, dengan latihan yang cukup menyita waktu di samping rutinitas pemain yang didominasi anak sekolah dan beragam kegiatan pribadi lainnya.  Drama musikal ini menunjukkan bahwa The Resonanz Children’s Choir tidak hanya bisa menyanyi dengan suara indah, namun juga bermain rasa dalam akting dan koreografer yang mendukung dan menambah indahnya drama musikal ini,” ujar Avip Priatna, DIrektur Musik The Resonanz Music Studio, Selasa (14/11/2017).

Para kreator ternama yang tergabung di dalam produksi ini juga menjadi indikator kualitas pertunjukan yang akan ditampilkan. Para pemain ini akan diarahkan oleh Wawan Sofwan sebagai sutradara dan koreografer yang dikonsep oleh Eki Dance Company. Suara merdu TRCC akan melantunkan lagu-lagu yang dibuat oleh komposer muda, Elwin Hendrijanto dan diiringi oleh salah satu orkestra terbaik di Indonesia, Jakarta Concert Orchestra dengan konduktor Avip Priatna.

“Merupakan tantangan sendiri ketika harus memberi arahan kepada anak-anak yang belum terlalu akrab dengan akting. Namun, para anak-anak yang tergabung dalam The Resonanz Children’s Choir ini menunjukkan proses belajar yang cepat untuk mendalami karakter lakon mereka. Pengalaman mereka tampil dalam berbagai kompetisi dunia ditambah dengan disiplin yang tinggi dan rasa cinta pada seni, membuat proses latihan menjadi pengalaman yang menarik dan berharga,” ujar Wawan Sofwan, sutradara.

Keberhasilan TRCC menorehkan prestasi gemilang pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung tanggal 2-5 November 2017 di kota Tolosa, Spanyol merupakan kali kedua di tahun ini dimana TRCC baru saja memenangkan Juara Umum pada Musica Eterna Roma International Choral Competition and Festival pada bulan Juli yang lalu.

Keberhasilan TRCC ini menjadi tambahan kado spesial ulang tahun ke 10 yang dirayakan pada tahun ini. Dengan kemenngan sebagai juara umum Tolosa Choral Contest 2017, TRCC berhak untuk maju ke pertandingan European Grand Prix in Choral Singing pada tanggal 21 April 2018 di kota Maribor, Slovenia.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?