Selasa, 21 November 2017 | 07:52 WIB

  • News

  • Pendidikan

Rektor IPB yang Baru Akan Ditetapkan Hari Ini

Rektor IPB yang baru akan ditetapkan hari ini menggantikan Prof Herry Suhardiyanto yang telah berakhir masa jabatanya.
Indonesia Over Sight
Rektor IPB yang baru akan ditetapkan hari ini menggantikan Prof Herry Suhardiyanto yang telah berakhir masa jabatanya.

BOGOR, NETRALNEWS.COM - Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor (MWA-IPB), Rabu (15/11/2017) akan menetapkan satu dari tiga calon rektor sebagai rektor yang akan memimpin kampus pertanian terbesar itu untuk periode 2017-2023 Proses pemilihan rektor berlangsung secara tertutup melalui Sidang Paripurna MWA yang dilangsungkan di Kampus IPB Baranangsiang.

Sidang dihadiri seluruh anggota MWA termasuk dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) selaku anggota MWA IPB.

Tiga calon rektor IPB yang ditetapkan oleh Sidang Pleno Senat Akademik pada 9 Oktober 2017 lalu yakni Dr Arif Satria, Prof Yusram Massijaya, dan Prof Yonny Koesmaryono. Dari tiga nama ini akan dipilih menjadi satu calon yang akan mengganti Prof Herry Suhardiyanto yang telah berakhir masa jabatanya.

Pemilihan rektor dilakukan oleh MWA sebagai forum pengambil keputusan tertinggi IPB selaku Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Pemilihan dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat. Tetapi apabila tidak tercapai keduanya, maka dilakukan dengan proses voting.

"Jika tidak ada kendala rektor terpilih akan diumumkan sore ini," kata Ketua MWA IPB Prof M. A Chozin usai menutup Sidang Paripurna Terbuka MWA IPB di Kampus Dramaga, seperti dilansir Antara.

Proses pemilihan rektor IPB telah dimulai sejak April 2017 melalui tahap awal sosialisasi, lalu proses penjaringan melalui usulan dari masing-masing unit di kampus tersebut.

Dari hasil penjaringan di masing-masing unit, MWA menetapkan 24 bakal calon rektor IPB. Dari 24 nama tersebut diseleksi melalui rapat pleno Senat Akademik menjadi enam nama pada bulan Agustus.

Tanggal 9 Oktober Senat Akademik kembali melakukan seleksi dari enam nama bakal calon menjadi tiga nama calon rektor. Untuk selanjutnya akan ditetapkan rektor terpilih IPB melalui Sidang Paripurna MWA.

Sebelum penetapan rektor, di hari yang sama dilakukan Sidang Paripurna Terbuka untuk mendengarkan rencana strategis dan program kerja ketiga calon rektor.

Siang ini MWA IPB menggelar Sidang Paripurna Tertutup untuk menetapkan rektor IPB terpilih untuk periode 2017-2022.

Berikut profil calon rektor IPB periode 2017-2022 Dr Arif Satria saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

Kandidat kedua Prof Yusram Massijaya adalah Ketua Dewan Guru Besar IPB dan juga dosen Fakultas Kehutanan. Kandidat ketiga Prof Yonny Koesmaryono yang dua periode menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?