Selasa, 21 November 2017 | 07:41 WIB

  • News

  • Kesehatan

Hati-hati Perubahan pada Puting Payudara Bisa Jadi Pertanda Kanker

Perubahan drastis pada puting payudara dapat menjadi pertanda kanker payudara.
Jansatta
Perubahan drastis pada puting payudara dapat menjadi pertanda kanker payudara.

BEKASI, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda memiliki puting payudara yang tenggelam, padahal tadinya menonjol? Jika ya, Anda harus waspada, pasalnya itu adalah salah satu tanda dari kanker.

Demikian dikatakan Sub Bagian Ginekologi Onkologi Departemen Obgin Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr Toto Imam SpOG (K). Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Seminar Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker Organ Reproduksi Wanita di Ruang Serba Guna Rumah Sakit Hermina Bekasi yang berkerja sama dengan Cancer Information and Support Center (CISC), Rabu (15/11/2017).

"Kalau sebelumnya memiliki puting payudara yang menonjol, lalu kemudian lama kelamaan tenggelam, waspada kanker. Tapi itu tanda kanker kalau awalnya miliki puting payudara yang menonjol," kata Toto.

Lebih lanjut Toto menjelaskan, ciri lain dari kanker payudara yakni adanya benjolan, payudara tidak simetris dan perubahan warna kulit. Ia mengatakan, biasanya warna kulit akan memerah, pori-pori payudara melebar dengan permukaan seperti kulit jeruk.

Menurut Toto, kulit payudara yang memerah diakibatkan darah yang mengumpul, karena kanker "membutuhkan" lebih banyak darah.

Selain itu, tanda lain dari kanker payudara adalah munculnya cairan. Jika puting dipencet kemudian keluar cairan bening, itu bisa menjadi salah satu ciri kanker, meski kemungkinannya tidak tinggi. Tetapi jika yang keluar dari puting ketika dipencet adalah darah atau cairan putih, Anda harus waspada karena itu bisa merupakan tanda kanker.

"Kalau puting dipencet tidak keluar cairan, itu bagus. Tetapi kalau puting dipencet keluar cairan putih, ada dua kemungkinan, Anda kanker atau sedang hamil (mengeluarkan Air Susu Ibu-ASI)," jelas Toto.

Maka dari itu, Toto menyarankan para wanita untuk rutin melakukan deteksi dini kanker payudara dengan cara Periksa Payudara Sendiri (Sadari). Selain itu, periksa kanker payudara bisa juga dilakukan mammografi.

"Wanita baiknya lakukan sadari sebulan sekali setelah menstruasi. Sadari itu murah, mudah, sederhana dan bisa dikerjakan sendiri," kata Toto.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?