Selasa, 21 November 2017 | 07:54 WIB

  • News

  • Kesehatan

Pakar: Obesitas Faktor Risiko Kanker Rahim

Obesitas bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker.
Obesitas
Obesitas bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker.

BEKASI, NETRALNEWS.COM - Sub Bagian Ginekologi Onkologi Departemen Obgin Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr Toto Imam SpOG (K) mengatakan, obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor risiko terjadinya kanker. Kanker yang dimaksud adalah kanker endometrium atau lebih dikenal dengan kanker rahim.

" Obesitas menjadi salah satu faktor risiko dari kanker rahim. Ini disebabkan karena orang yang idap obesitas miliki lemak yang banyak mengandung hormon ekstrogen," ujar Dr Toto dalam acara Seminar Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker Organ Reproduksi Wanita di Ruang Serba Guna Rumah Sakit Hermina Bekasi yang berkerjasama dengan Cancer Information and Support Center (CISC), Rabu (15/11/2017).

Lebih lanjut Dr Toto memaparkan ada banyak faktor risiko terjadinya kanker rahim selain obesitas. Beberapa diantaranya adalah tidak menikah, tidak punya anak, ekspose ekstrogen yang tinggi dan lama serta riwayat keluarga atau genetik.

"Rahim pada wanita miliki ukuran lima hingga tujuh cm. Rahim ini kalau membesar karena, kalau nggak isi bayi berarti ya penyakit," tukas Dr Toto.

Lebih lanjut Dr Toto menyebutkan ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi dini kanker rahim. Beberapa diantaranya adalah melakukan pap smear, pemeriksaan dalam atau klinis, USG serta mikrokuret.

Dr Toto juga menjelaskan, kanker adalah tumor ganas yang berkembang sebagai jaringan baru atau disebut neoplasma. Jaringan baru ini tumbuh secara kacau dan tidak terkoordinasi.

"Kanker juga memiliki sifat mampu menyebar (metastasis) ke organ tubuh lain dan akan mempengaruhi daya hidup. Jadi kalau kanker semakin menyebar, daya hidup akan semakin turun," tukas Dr Toto.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?