Selasa, 12 Desember 2017 | 11:23 WIB

  • News

  • Kesehatan

Waspadai Sakit Gusi, Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Sakit gusi bisa tingkatkan risiko kanker payudara.
Vebma
Sakit gusi bisa tingkatkan risiko kanker payudara.

BRASIL, NNC - Penyakit gusi ternyata bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita hingga tiga kali lipat, penelitian mengungkapkan.

Hal ini diduga karena bakteri yang menyebabkan radang di dalam mulut memasuki sirkulasi melalui gusi dan masuk ke jaringan payudara, yang bisa mengakibatkan kanker.

"Menariknya, penelitian ini menunjukkan bahwa ada bukti untuk mendukung teori bahwa penyakit gusi dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar pada kesehatan seluruh tubuh kita,” kata Dr Nigel Carter OBE, CEO Oral Health Foundation, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (8/12/2017).

Penyakit gusi yang parah, yang dikenal sebagai periodontitis, dapat mempengaruhi tulang di rahang dan menyebabkan gigi rontok.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan hingga 54 persen orang dewasa di Inggris menderita penyakit gusi sampai batas tertentu.

Peneliti dari Universitas Santa Maria di Brasil menganalisis 201 wanita yang mengunjungi departemen ginekologi di rumah sakit universitas tersebut antara bulan April 2013 dan Juni 2015.

Dari peserta penelitian, 67 menderita kanker payudara. Kasus dan kontrol disesuaikan dengan status merokok dan asupan alkohol. Semua peserta dinilai mengalami peradangan gusi di enam lokasi per gigi.

Penyakit gusi meningkatkan risiko kanker payudara hingga tiga kali. Hasil menunjukkan wanita dengan penyakit gusi berat hingga tiga kali lebih mungkin terkena kanker payudara.

"Menariknya, penelitian ini menunjukkan bahwa ada bukti yang mendukung teori bahwa penyakit gusi dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar pada kesehatan seluruh tubuh kita. ni menunjukkan bahwa penyakit gusi yang parah dikaitkan dengan kejadian kanker payudara dan ini mungkin melalui penyebaran infeksi dan pembengkakan mulai dari mulut,” kata Dr Carter.

Kata Dr Carter, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Community Dentistry and Oral Epidemiology menyebutkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi hubungan spesifik antara sakit gusi dan kanker payudara.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?