• News

  • Lingkungan

KLHK: Mangrove Mampu Serap Karbon 5 Kali Lipat daripada Tanaman Daratan

Mangrove bermanfaat sebagai penyerap polutan.
PIK
Mangrove bermanfaat sebagai penyerap polutan.

JAKARTA, NNC - Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Hilman Nugroho mengatakan, mangrove bermanfaat sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami. Mangrove juga penyedia Hasil Hutan Kayu dan Hasil Hutan Bukan Kayu, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

“Mangrove bermanfaat menyerap karbon lima kali lipat dari tanaman daratan. Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan kayu atau pohonnya hanya lima persen, sisanya 95 persen dapat digunakan untuk jasa lingkungan (termasuk pariwisata), dan lain-lain, namun jika pohonnya tidak ada, hasil turunannya yang 95 persen juga tidak didapat," kata Hilman dalam Acara Kick off dengan menanam 1000 batang mangrove bersama generasi muda di Blok Elang Laut Taman Wisata Alam Angke Kapuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta.

Lebih lanjut Hilman katakan, salah satu cara mengucapkan terima kasih kepada alam dan lingkungan adalah dengan menanam pohon.

"Dimana ada pohon akan ada air, ada air akan ada kehidupan, ada kehidupan akan ada kesejahteraan. Kita yakin, banyak pohon banyak rejeki," tukas Hilman, seperti dilansir dari laman PPID KLHK, Minggu (14/1/2018).

Penanaman mangrove ini merupakan salah satu upaya ajak kids jaman now melestarikan lingkungan dengan menanam sebanyak 10 ribu mangrove. Penanaman di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan melibatkan 3.650 anak-anak usia 6 – 20 tahun dari Koalisi Lestari Hutanku (KLH) yang diketuai oleh Seto Mulyadi (Kak Seto), dan Jefri Nichol Fans Club (JNFC).

Kick Off Penanaman 10 Ribu Mangrove di 10 Kota di Indonesia dan ditandai dengan menanam 1000 batang mangrove bersama generasi muda di Blok Elang Laut Taman Wisata Alam Angke Kapuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta. Penanaman juga dilaksanakan serentak di sembilan kota lainnya, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Lampung Timur, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makasar, dengan total yang ditanam 10 ribu batang mangrove.

"Presiden RI menghimbau setiap warga negara Indonesia untuk menanam minimal 25 pohon seumur hidup. Lima pohon ketika SD, Lima pohon ketika SMP, lima pohon ketika SMA, lima pohon ketika kuliah dan lima pohon ketika akan menikah," kata Hilman.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?