• News

  • Politik

Bamsoet Kian Dekat Posisi Ketua DPR, Jadi Kandidat Tunggal?

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (paling kiri)
NNC/Dominikus Lewuk
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (paling kiri)

JAKARTA, NNC - Isu Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo yang dikabarkan calon tunggal Ketua DPR kian santer. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu kian dekat dengan posisi Ketua DPR sebagaimana disebut-sebut akan menggantikan Setya Novanto pasca mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Kuningan Jakarta Selatan pertengahan November 2017 lalu.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar Andi Sinulingga, figur yang lebih dikenal dengan panggilan Bamsoet itu bisa diterima semua pihak. Bahkan, tidak ada internal Golkar yang menolak keputusan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyodorkan Bamsoet sebagai calon ketua DPR.

"Sepertinya tidak ada (penolakan-red). Tidak ada juga alasan untuk menolak. Semuanya sudah bisa menerima dan solid," kata Andi, di Jakarta, Sabtu (13/1/2018).

Dijelaskan Andi, Bamsoet merupakan figur tepat untuk mengisi jatah Golkar di pucuk pimpinan DPR hingga 2019. “Bambang punya kapasitas yang cukup untuk dengan pengalaman cukup panjang di DPR,” kata Andi.

Diketahui sebelumnya,  anggota Fraksi Partai Golkar Ahmadi Noor Supit mengungkapkan, sudah ada keputusan tentang legislator partainya yang akan menjadi ketua DPR. Ahmadi menuturkan, Airlangga sudah memutuskan Bamsoet untuk menjadi ketua DPR.

"Sudah fixed. Namanya BS," ujar Ahmadi usai rapat pleno FPG yang dihadiri oleh Airlangga di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Selain itu, Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin juga memperkuat pernyataan Supit. Mahyudin yang juga wakil ketua MPR memastikan tak ada penolakan atas keputusan partainya mengusung Bamsoet sebagai ketua DPR hingga 2019.

"Sampai kemarin kami di rapat pleno fraksi enggak ada yang menolak tuh. Karena menurut yang saya tahu termasuk Pak ARB (Aburizal Bakrie, red), selaku ketua dewan pembina sudah tahu nama itu. Dari awal sudah tahu semua," paparnya.

Namun, berbeda dengan bantahan Ketua DPP Golkar Roem Kono, yang secara tegas menyatakan, yang mengatakan bahwa Bamsoet belum tentu dilpilih jadi Kerua DPR.

"Itu kan belum pasti Bamsoet jadi Ketua DPR," ujar Roemkono di Jakarta, Sabtu (13/1/2018) kemarin.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?