Minggu, 25 Februari 2018 | 20:34 WIB

  • News

  • Nasional

Wasekjen PKB Sebut Cak Imin Siap Duduki Kursi Wakil Ketua MPR

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (tengah).
NNC/Anhar Rizky Affandi
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (tengah).

JAKARTA, NNC - Revisi UU MD3 telah dirampungkan oleh DPR. Bahkan Undang-Undang yang mengatur tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) itupun sudah disahkan. Meski demikian sebagaian masyarakat dan kalangan akademisi menilai UU MD3 yang sudah diketukpalukan oleh pimpinan Paripurna Wakil Ketua DPR Fadli Zon itu dinilai sangat kontroversial. 

Selain itu, tidak sesuai dengan sikap Presiden Joko Widodo yang selama ini sangat terbuka dalam hal kebijakan. 

Adapun, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD atau UU MD3 telah disahkan. Jumlah penambahan ini yaitu pimpinan MPR sebanyak 3 kursi, DPR 1 kursi, dan DPD 1 kursi.

Salah satu pimpinan partai politik yang bakal duduk di kursi Wakil Ketua MPR adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Daniel Johan, sang ketua umum sudah siap.

"Cak Imin setelah diminta oleh pimpinan MPR lainnya untuk memperkuat doktrin 4 Pilar, menyatakan kesediaannya untuk menjadi Wakil Ketua MPR RI," kata Daniel kepada wartawan di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dijelaskan, Ketua Fraksi PKB di MPR Jazilul Fawaid akan berkordinasi dengan pimpinan dan Kesekjenan MPR RI untuk mempersiapkan teknis pelantikannya. Daniel yakin, Cak Imin mampu memberi aura dan karya positif bagi kinerja MPR ke depan.

"Dua hal utama yang penting dilakukan adalah menjaga konstitusi pemerintahan presidensial ini serta semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan kebangsaan kita," ujarny. 

"Bahwa politik kebangsaan di bawah panji Pancasila akan tetap kuat mengakar dalam kehidupan sehari-hari kebangsaan Indonesia," kata Daniel Johan.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?