• News

  • Lingkungan

Ada 100 Titik Kotor, Bali Lakukan Aksi Bersih

Bali lakukan aksi bersih di 100 titik.
Baliku
Bali lakukan aksi bersih di 100 titik.

KUTA, NNC - Aksi bersih-bersih sampah dilakukan di 100 titik di Bali sebagai kampanye untuk mewujudkan Indonesia bersih dan bebas sampah terutama pencemaran sampah plastik ke laut.

Co-Founder of Bye Bye Plastic Bags dan Satu Pulau Satu Suara (One Island One Voice) Melati Wijsen, mengatakan kampanye Satu Pulau Satu Suara. Pihaknya ingin melakukan sesuatu yang lebih dari hanya meningkatkan kesadaran mengenai masalah sampah plastik tetapi kami juga ingin memberikan contoh bahwa organisasi, dunia usaha, desa dan individu menciptakan solusi masing-masing untuk mengurangi sampah plastik sehingga yang lain bisa melakukan hal yang sama.
 
Menurut dia, Pantai Kuta menjadi salah satu lokasi aksi bersih-bersih sampah yang diikuti ratusan partisipan dari berbagai komunitas baik swasta, pemerintah, tokoh masyarakat, komunitas adat, aktivis lingkungan hingga pekerja seni.

Para partisipan "bersenjatakan" penjepit bambu untuk mengambil sampah menyusuri pantai memungut sampah terutama plastik di pasir. Sampah-sampah yang dipungut, dimasukkan ke dalam karung dan nantinya akan dikumpulkan dan ditimbang serta dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir.

"Aksi ini sudah dimulai sejak tahun lalu karena saya peduli dan supaya plastik tidak masuk ke laut," kata Melati, Sabtu (24/2/2018).

Aksi kali ini mengajak lebih banyak partisipan yang diperkirakan 25.000 orang untuk melakukan bersih-bersih dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti 12.000 orang. Bahkan lokasinya diperluas di 100 titik dari 55 titik pada 2017.

Aksi yang dilangsungkan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diinisiasi oleh Melati yang masih berusia 17 tahun dan saudaranya sejak setahun lalu.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?