• News

  • Pendidikan

Menko PMK Puan Maharani Resmikan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan Riau

Menko PMK Puan Maharani saat Peresmian Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan di Riau.
Riausky
Menko PMK Puan Maharani saat Peresmian Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan di Riau.

RIAU, NNC - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meresmikan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) di Pelalawan, Riau

ST2P diharapkan mampu menghasilkan banyak perusahaan pemula yang terkait dengan sawit maupun produk turunan sawit. Dengan begitu akan berdampak pada perekonomian petani sawit dan perekonomian daerah penghasil.

Menko Puan juga mengatakan, pemerintah pusat sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten Pelalawan dapat menjadikan ST2P sebagai Science Techno Park (STP) yang mapan pada tahun 2019. 

“Fokus Techno Park Pelalawan sangat tepat pada hilirisasi produk turunan kelapa sawit. Techno Park Pelalawan yang juga melibatkan koperasi petani sawit, akan memperkuat rantai industri hilirisasi produk turunan kelapa sawit,” ujar Menko Puan, seperti dalam keterangan tertulis yang NNC terima dari Humas Kemenko PMK, Rabu (14/3/2018).

Menurut Menko Puan, membangun sebuah STP membutuhkan kolaborasi antar unsur pemerintah, akademisi dan pelaku usaha. Sinergi itu, jelasnya, memungkinkan untuk dibangunnya sistem inovasi yang kuat dan berujung pada industri yang berdaya saing dan penumbuhan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi. 

“Membangun STP dengan bergotong-royong, akan lebih mempercepat pemberdayaan ekonomi berbasis teknologi dan kesejahteraan rakyat,” sebutnya. Diungkapkannya, hingga tahun 2017 dari 22 STP yang ditargetkan, sudah ada 16 STP yang mapan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Pelalawan, Menko Puan juga menyerahkan secara simbolis 1.440 sertifikat tanah kepada masyarakat Pelalawan. Pemberian sertifikat itu, jelasnya, untuk memberikan kepastian hukum. “Dengan sertifikat di tangan para petani, maka Ibu dan Bapak dapat lebih tenang dalam menggarap lahannya, sehingga dapat meningkatkan produktifitas lahan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Di kesempatan ini pula Menko Puan juga menyerahkan Kartu Anggota Koperasi Sawit Mandiri dan Izin Pendirian PKS Milik Koperasi Sawit Mandiri. Menko Puan juga melaunching Program Pemberdayaan Petani Sawit Swadaya untuk mewujudkan Desa Mandiri Sawit. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?