• News

  • Kesehatan

Menkes: Berobat di Negeri Sendiri, Jangan Keluar Negeri

 Menteri Kesehatan Nila Moeloek.
Klik Kabar
Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

SANGGAU, NNC - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan masyarakat Indonesia bersedia berobat di negeri sendiri tanpa harus ke luar negeri mengingat fasilitas, sarana prasarana, dan sumber daya manusia sudah memadai.

Menkes Nila saat meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, Selasa (17/4/2018), menyayangkan masih adanya masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan berobat ke Kuching, Malaysia, meski penyakitnya dapat ditangani fasilitas kesehatan tingkat pertama di Indonesia.

"Banyak orang Indonesia yang pergi ke Serawak dan Kuching, padahal dengan kita memperbaiki fasilitas kesehatan selain fisik tentu juga pelayanannya, kenapa tidak di negara kita sendiri. Penyakitnya juga sebenarnya kita bisa, diabetes, hipertensi, saya kira kita bisa, bukan penyakit yang sulit sekali," kata Nila.

Menkes berpendapat memang ada banyak faktor yang membuat orang memilih fasilitas kesehatan di luar negeri, salah satunya karena pelayanan.

Namun dengan adanya pembangunan puskesmas baru serta renovasi puskesmas di daerah perbatasan dan tertinggal diharapkan bisa menarik minat masyarakat berobat di negeri sendiri.

Dalam kunjungan Menteri Kesehatan ke Kabupaten Sanggau juga meninjau Puskesmas Entikong sebagai puskesmas penyangga perbatasan dan Puskesmas Balai Karangan.

Kedua puskesmas tersebut merupakan puskesmas baru dengan fasilitas unit gawat darurat, ruang rawat inap dewasa dan anak, ruang bersalin, laboratorium, poli gigi, dan lain-lain.

Puskesmas tersebut juga diisi dengan alat-alat medis terbaru untuk menunjang tindakan medis. Selain itu yang terpenting puskesmas tersebut menerima peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sehingga masyarakat bisa berobat secara gratis.

"Kita selalu berupaya, tentu salah satu faktor penampakan dari fasilitas kesehatan tentu memegang pernan. Dulu dikatakan puskesmasnya banjir, orang segan untuk datang. Sekarang sudah di pinggir jalan, bagus seperti ini," kata Menkes dikutip dari Antara.

 

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?