• News

  • Cantik & Gaya

Sembilan Kreasi Perhiasan Terbaru Ini Suguhkan Kearifan Indonesia 

Perhiasan yang dipamerkan Hartadinata Abadi.
NNC/Christophorus Aji Santoso
Perhiasan yang dipamerkan Hartadinata Abadi.

JAKARTA, NNC - Tak bisa ditampik jika Indonesia memiliki beragam kekhasan yang begitu memesona. Mulai dari keanekaragaman hayati hingga adat istiadatnya yang spesial dan banyak diakui wisatawan mancanegara. Dan keistimewaan yang dimiliki oleh Indonesia itu diangkat ke dalam produk unggulan (signature product) berupa perhiasan emas. 

Adalah PT Hartadinata Abadi Tbk yang menuangkan keistimewaan Indonesia itu ke dalam perhiasan emas kreasinya. Mengangkat tema Dari Hartadinata Untuk Indonesia, setidaknya ada 9 koleksi perhiasan emas terbaru yang dipamerkan produsen sekaligus penyedia perhiasan emas. Seperti apa? 

Sembilan koleksi perhiasan emas terbaru ala Hartadinata terdiri dari motif alat musik tradisional, Candi Borobudur, seni ukir & batik, hewan endemik Indonesia, senjata tradisional, wayang, rumah adat, bunga Nusantara, dan kebudayaan Toraja. 

Dijelaskan Muhammad Sigit Purnomo selaku desainer Hartadinata Abadi, tema Indonesia sengaja diangkat agar perhiasan-perhiasan emas busa diterima berbagai kalangan terutama masyarakat Indonesia sendiri. Terlebih, kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia tak ada duanya. Yang mana beragam kekayaan hayati dan pesona kebudayaannya yang begitu eksotis. 

"Terus kenapa ada sembilan kategori, karena angka sembilan dinilai sebagai angka hoki," ujar pria yang akrab disapa Sigit ini, di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018). 

"Sementara proses produksinya menggunakan teknik casting. Produk perhiasan ini dibuat dengan menggunakan mesin. Dan untuk desainernya real anak bangsa dari berbagai daerah, lingkup Jawa Tengah dan Jawa Barat," imbuh Sigit. 

Tak berhenti sampai di situ, Sigit kemudian mengajak awak media untuk melihat satu per satu sembilan kategori perhiasan terbaru dari Hartadinata Abadi. Menariknya, perhiasan-perhiasan emas ini nanti bakal dipamerkan dalam ajang Jakarta International Jewellery Fair (JIJF) 2018. 

Untuk perhiasan emas dengan motif alat musik tradisional khas Indonesia misalnya. Sigit mengatakan setiap daerah memiliki kearifan dan ciri khas yang berbeda-beda namun memiliki kesamaan, termasuk dalam hal alat musik. Di sini desainer Hartadinata Abadi mencoba menyuguhkan sederet perhiasan emas yang memadupadankan bentuk alat musik khas daerah seperti gamelan, angklung, dan bonang, mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga liontin. 

"Kemudian ada perhiasan yang dikolaborasikan dengan bentuk bangunan Candi Borobudur. Candi Borobudur masuk ke dalam desain kami lantaran kemegahan dan kecantikan candi ini sudah terkenal di dunia, bahkan masuk sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang eksotif," beber Sigit. 

Selanjutnya ada sederet perhiasan emas dengan bentuk seni ukir dan batik. Menurut Sigit, seni ukir dan batik merupakan kebudayaan Indonesia yang sudah sepatutnya dilestarikan. Batik merupakan budaya Indonesia yang di dalamnya mengandung banyak filosofi yang begitu bermakna. 

"Seni ukir dan batik ini juga kami tuangkan ke dalam sebuah mahakarya perhiasan emas. Begitu juga dengan desain perhiasan lain dalam kategori yang berbeda-beda," ucap Sigit mengakhiri. 

Untuk diketahui, Hartadinata Abadi memiliki tiga kategori merek produk yakni toko emas ACC yang menyasar pada kelas menengah bawah, Celine Jewelry yang menjual perhiasan emas dengan aksesoris berlian, yang menyasar kelas menengah atas, dan Claudia Perfect Jewelry yang menyasar pada kelas menengah atas dengan menyediakan beragam fashion jewelry serta cincin kawin.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?