• News

  • Ekonomi Mikro

Mendes PDTT: Masyarakat Desa Harus Kawal Kemajuan Prukades 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo.
Istimewa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo.

JAKARTA, NNC - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo,  memperhatikan program Produk Unggulan Kawasan Pedesaan ( Prukades) berserta  ditandatanganinya perjanjian tanggung jawab dana desa oleh bupati.

"Masyarakat terus mengawal program Prukades yang ada di desanya masing-masing," pesan Eko, Selasa (17/4/2018).

Prukades bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi desa.  Ini cara terbaik menghubungkan antara masyarakat desa dengan sejumlah pengusaha dan Perbankan dalam tujuan meraih hasil yang menguntungkan, tapi prioritas desa.

Sementara, perbankan akan memberikan bantuan permodalan ataupun pelatihan kepada masyarakat agar produk yang dihasilkan tersebut bisa lebih berkualitas dan bermutu. Kementerian terkait akan membantu memberikan dukungan

"Seperti Kementerian PUPR yang akan membantu sulitnya akses jalan dengan membangun jalan ataupun jembatan, kementerian Pertanian akan memberikan bantuan bibit, pupuk dan traktor secara gratis serta sejumlah kementerian terkait lainnya yang pada dasarnya saling bersinergi dalam membangun desa," katanya.

Eko selalu mengatakan bahwa model prukades ini di arahkan karena desa dinilai tidak bisa berkembang karena masyarakat didesa yang mayoritas berada disektor pertanian tidak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik karena tidak ada sarana pasca panennya.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?