• News

  • Nasional

Uskup Sibolga Larang Pastor Rantinus Calonkan Diri

Uskup Sibolga, Mgr Ludovicus Simanullang OFMCap
Uskup Sibolga, Mgr Ludovicus Simanullang OFMCap

SIBOLGA, NETRALNEWS.COM - Meski sudak mendeklarasi pencalonan dirinya dengan seorang ustaz sebagai Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Pastor Rantinus Simanalu Pr yang berniat mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, bakal kandas. Pasalnya, Uskup Sibolga, Mgr Ludovicus Simanullang OFMCap melarang Pastor Rantinus terlibat politik praktis mencalonkan diri sebagai bupati.

Larangan itu terbaca dari tanggapan atas surat Barisan Relawan Pastor Rantinus dan Ustaz Sodikin (BARASO) tertanggal 25 Mei 2016 yang memohon izin kepada uskup agar memberi restu kepada Pastor Rantinus untuk maju sebagai calon bupati.

Pihak Gereja (Keuskupan Sibolga) menolak permohonan Rantinus dengan memperhatikan tiga hal dasar bagi setiap seorang Imam tertahbis menjadi pejabat publik.

Penolakan tersebut, atas dasar aturan yang harus dipatuhi oleh seorang Imam Katolik yang tertahbis. Pertama, sebagaimana digariskan dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK), seseorang yang telah ditabiskan menjadi imam (klerikus) dilarang menduduk jabatan publik yang memiliki kuasa sipil.

Kedua,  dengan memperhatikan ketentuan KHK di atas, Uskup Keuskupan Sibolga tidak memberi izin kepada Pastor Rantinus Simanalu Pr untuk menjadi calon bupati Tapanuli Tengah.

Ketiga, aturan Gereja Katolik juga menekankan kewajiban  khusus bagi para imam (klerikus) untuk menyatakan hormat dan ketaatan kepada ordinasi Gereja, tulis Uskup Sibolga,Mgr.  Ludovicus Simanullang OFMCap, sebagaimana dilansir Catholic.news (4/7/2016).

Sebelumnya, Kamis (30/7/2016), Rantinus bersama Ustaz Sodikin Lubis telah mendeklarasikan  diri sebagai calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada yang digelar pada Februari 2017 mendatang.

Sebagaimana diketahui pasangan PAUS diusung dari jalur perseorangan atau independen. Hingga saat ini tim sukses PAUS telah mengumpulkan sebanyak 30.000 KTP dari pendukungnya.

Hingga berita ini diturunkan, Netralnews.com belum berhasil menghubungi kedua pasangan ini. Telepon genggamnya masih belum aktif  pada Selasa (5/7/2016).

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : http://indonesia.ucanews.com

Apa Reaksi Anda?