• News

  • Hukum

Densus 88 Pindahkan Terduga Teroris Sumut ke Mabes Polri

Ilustrasi tim Densus 88 Mabes Polri.
Istimewa
Ilustrasi tim Densus 88 Mabes Polri.

SUMUT, NNC - Sejumlah terduga teroris yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Tanjungbalai dan Medan, Selasa (15/5/2018) lalu, telah diterbangkan menuju Mabes Polri, Jumat (18/5/2018).

"Sudah dibawa ke Jakarta, karena Densus yang menangani," kata Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Jumat (18/5/2018).

Sebelum dibawa ke Jakarta, para terduga teroris sempat dibawa ke Mako Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut).

MP Nainggolan juga menjelaskan, seluruh terduga teroris ini hanya diamankan satu hari di Mako Brimob sebelum langsung diterbangkan Densus 88 ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kalau tidak salah hanya sehari saja diamankan, kemudian besoknya langsung diterbangkan," ujarnya.

Sementara, terkait jumlah terduga teroris yang diamankan tersebut, MP Nainggolan mengaku tak mengetahuinya.

"Tidak tahu kami (Polda Sumut) berapa yang diamankan, karena itu wewenang Mabes Polri," ujar Nainggolan.

Minimnya informasi seputar jumlah terduga teroris yang diamankan itu juga diakui Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan. Dia mengatakan, menyangkut hal yang berkaitan dengan teroris sepenuhnya bukan wewenang Polda Sumut.

"Tidak tahu kami. Silakan tanya langsung Humas Mabes Polri," ucapnya.

Seperti yang diketahui, Selasa lalu Densus 88 menangkap sejumlah terduga teroris di Tanjung Balai dan Kota Medan. Dari penangkapan tersebut, dikabarkan ada tujuh terduga teroris yang ditangkap petugas Densus 88 di Tanjung Balai, Kabupaten Asahan.

Dua terduga teroris lainnya ditangkap di Kota Medan. Dalam penangkapan ini, dua terduga teroris dikabarkan tewas ditembak petugas karena melawan saat hendak ditangkap.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?