• News

  • Religi

Khatib Salat Id di Istiqlal, Aa Gym: Ramadan Momentum Penting Miliki Akhlakul Karimah

Khatib Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta, Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.
Smeaker
Khatib Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta, Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

JAKARTA, NNC - Khatib Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta, Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan, Ramadan menjadi momentum penting memiliki akhlakul karimah. Pernyataan ini disampaikan Aa Gym, sesuai tema khotbah yang diangkat yakni mengenai "Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat".

Memiliki akhlakul karimah, dikatakan Aa Gym yang terpenting adalah diawali dengan ridho Allah. Pasalnya kunci sederhana Rasul Nabi Muhammad diutus ke bumi adalah menyempurnakan kemuliaan akhlak, sehingga manusia memiliki kesempurnaan akhlak.

"Islam yang paling sempurna adalah dilihat dari akhlaknya. Pribadi yang dicintai Rasullulah adalah orang yang paling sempurna akhlaknya dan Ramadan jadi momentum penting miliki akhlakul karimah," kata Aa Gym, Jumat (15/6/2018).

Lebih lanjut Aa Gym mengajak para jemaah untuk meningkatkan keyakinan pada Allah, karena Allah adalah Maha Dekat, Maha Mendengar dan Maha Melihat. Sehingga diharapkan jemaat bisa menjadi orang ikhlas, karena ikhlas menjadikan orang bahagia, mulia dan selamat.

"Orang yang bisa melihat dan tidak bisa melihat sama saja, Allah melihatnya. Allah menyukai orang ikhlas, karena orang ikhlas sibuk perbaiki hati dan amal," ujar Aa Gym.

Menurut Aa Gym, dalam mencapai keikhlasan perlu didukung dengan pangkal kebaikan yakni kejujuran, sehingga Ramadan mengajarkan orang untuk jujur pada diri sendiri. Orang juga perlu waspasa pada tindakan menghargai dan menghormati, karena bentuk penghargaan dan penghormatan adalah anugerah Allah yang menutupi aib serta maksiat, keburukan dan kekurangan.

"Orang tidak jujur pada diri sendiri, bagaimana jujur dengan orang lain jadi jauh lebih baik dihina karena jujur, daripasa dihormati tapi tidak jujur. Kesuksesan diri juga bukan diukur dari apa yang dimiliki, melainkan berapa banyak orang yang bjsa ditolong oleh kita," terang Aa Gym.

Untuk diketahui, ribuan jemaah melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/6/218). Salat Id sendiri dimulai pukul 07.00 WIB dan telah dipadati sejak subuh, hingga memenuhi pelataran Masjid Istiqlal.

Pelaksanaan Salat Ied dipimpin oleh Ust Hasanuddin Sinaga dan Khatib oleh Aa Gym. Salat Idulfitri juga dihadiri oleh  Wakil Presiden dan Ibu Mufidah Yusuf Kalla juga para Menteri Kabinet Kerja, para pejabat Lembaga Negara serta para Duta Besar Negara sahabat.

Acara akan dimulai dengan pemukulan Bedug Takbir Hari Raya oleh pejabat Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?