• News

  • Politik

Politisi Golkar: Airlangga Layak Jadi Cawapres Jokowi

Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Istimewa
Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

JAKARTA, NNC - Partai Golongan Karya (Golkar) menyerahkan sepenuhnya kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan siapa cawapres yang bakal mendampinginya di Pilpres 2019.

Demikian disampaikan Ketua DPP kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily lewat sambungan telepon dalam diskusi "Jokowi Memilih Cawapres" di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7/2018).

"Soal calon wakil presiden, pertama tentu kita serahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi untuk menentukan siapa figur yang layak untuk mendampinginya. Namun demikian tentu proses pembahasannya harus dengan partai politik pendukung pemerintah," kata Ace.

Ace yakin, dalam memilih figur cawapres, Jokowi akan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya soal kemampuan di bidang ekonomi dan industri.

"Yang kedua, saya meyakini Pak Jokowi akan mempertimbanhkan banyak hal. Salah satunya adalah bahwa kondisi objektif hari ini bahwa figur yang layak untuk mendampingi beliau adalah figur yang memiliki kompetensi dan kemampuan untuk bagaimana memulihkan ekonomi dan industri," ungkapnya.

Selain memiliki kompetensi di bidang ekonomi dan industri, menurut Ace, wakil yang tepat untuk Jokowi adalah figur dari partai politik, demi menjaga proses pemerintahan lima tahun kedepan.

"Bahwa pendekatan politik di dalam membangun bangsa ini tentu tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu dukungan partai politik terhadap proses pemerintahan 5 tahun ke depan juga harus menjadi pertimbangan. Oleh karena itu menurut saya figur yang tepat menurut saya penting dari partai politik," ujarnya.

Berdasarkan kriteria figur tersebut, Ace yakin Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto layak mendampingi Jokowi.

"Maka itu Partai Golkar menawarkan Pak Airlangga untuk menjadi pendimping beliau (Jokowi)," tutur anggota DPR itu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?