• News

  • Kesehatan

Awas, Hidung Tersumbat Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Faring

Ilustrasi
dok.BT
Ilustrasi

JAKARTA, NNC - Pakar dr Diani Kartini SpB(K)Onk dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan, hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gejala awal dari kanker faring.

Karsinoma nasofaring (nasopharyngeal carcinoma/NPC) adalah jenis kanker pada tenggorokan (faring) yang muncul di area nasofaring, yaitu area belakang hidung dan area belakang langit-langit tenggorokan

"Gejala awal dari kanker faring beragam, ada gejala awal dan gejala lanjut. Gejala awal bisa berupa hidung tersumbat, penciuman berkurang atau menghilang," kata dr Diani dalam Support Group yang diadakan Cancer Information and Support Center (CISC) dengan tema Kanker Kepala Leher di Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

Gejala awal lain dari kanker faring adalah nyeri telinga. Tanda lain adalah telinga yang terasa penuh, berdenging atau berdengung.

Sedangkan gejala lanjut dari kanker faring adalah nyeri kepala yang hebat dan pandangan mata menkadi ganda. Bisa juga terjadi pembengkakan leher dan sulit membuka mulut serta menelan.

Untuk diketahui, kanker faring merupakan salah satu dari kanker kepala leher. Kanker kepala leher adalah keganasan yang ditemukan pada mata, rongga mulut, faring, laring, sinus, tiroid, kelenjar saliva dan lain-lain. Adapun tipe kanker kepala leher yang paling banyak terjadi adalah tipe Karsinoma Sel Skuamosa (KSS).

Lebih lanjut dr Diani katakan, kanker kepala leher menjadi kanker terbanyak ke-6 di dunia. Kejadian kanker kepala leher ini juga banyak terjadi pada laki-laki dibanding perempuan.

"Tercatat ada sebanyak 690.000 kasus kanker kepala leher baru per tahun, dengan 380.000 kematian tiap tahunnya," kata dr Diani.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?