• News

  • Politik

Peluang Susi jadi Cawapres Jokowi Terbuka

 Peluang Susi jadi cawapres Jokowi terbuka.
KKP
Peluang Susi jadi cawapres Jokowi terbuka.

JAKARTA, NNC - LSM Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia menyatakan peluang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi terbuka untuk menjadi calon wakil presiden setelah yang bersangkutan meraih ijazah setara SMA.

"Dengan terpenuhinya syarat formal tersebut, saya kira peluang untuk menjadi cawapres makin terbuka," kata Koordinator Nasional DFW Indonesia Abdi Suhufan Sabtu, (14/7/2018).

Menurut dia, hal tersebut makin terbuka karena ditambah dengan tingginya tingkat kepopuleran Menteri Susi selama ini di tengah masyarakat.

Abdi mengingatkan bahwa selama ini nama Susi Pudjiastuti kerap muncul di sejumlah survei yang terkait dengan Pilpres. "Problemnya adalah apakah ada parpol yang berminat mengusung?" jelas Abdi.

Ia juga mempertanyakan apakah Presiden Jokowi juga berminat untuk menjadikan Susi sebagai cawapres. Sebagaimana diwartakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih ijazah setara SMA setelah lulus ujian Paket C di satu SMA negeri di daerah domisilinya, Pangandaran, Jawa Barat, 11 s.d. 13 Mei 2018.

Asisten Pribadi Menteri Susi, Fika Fawzia, dalam akun sosial media Instagram sebagaimana dipantau, Jumat malam, menyatakan bahwa tepatnya pada tanggal 7 Juni 2018, Menteri Susi dinyatakan lulus dan pada hari Jumat (13/7) kemarin baru menerima ijazah Paket C yang tertera namanya.

Fika dalam akunnya tersebut mengungkapkan bahwa perjalanan Menteri Susi mencapai keberhasilan tersebut dimulai pada tanggal 16 Juni 2015, yaitu seusai sidang kabinet kala itu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (saat itu) Anies Baswedan menghampiri Susi Pudjiastuti dan menanyakan apakah pada tahun depan ingin mengikuti ujian Paket C.

Awalnya tawaran itu hanya ditanggapi Menteri Susi dengan canda dan keengganan. Akan tetapi, Anies terus membujuk sehingga akhirnya Menteri Susi mengiyakan permintaan tersebut.

"Saya yang berjalan di belakang mereka berdua awalnya hanya sayup-sayup mendengar percakapan tersebut. Namun, akhirnya Pak Anies menoleh ke arah saya, 'Kamu saksi, ya. Ibu udah bilang mau, jadi tahun depan kita atur'," tutur Fika dalam akunnya, dilansir Antara.

Namun, karena kesibukan Menteri Susi di kabinet dan amanahnya untuk mengemban tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, baru pada bulan Mei 2018 menyempatkan diri mengikuti proses ujian Paket C.

Ternyata hasilnya, Menteri Susi tidak hanya lulus dan meraih ijazah setara Paket C, tetapi dia juga berhasil meraih peringkat nomor 1 dari 569 peserta se-Ciamis.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?