• News

  • Politik

Hari Ini, Prabowo-Sandiaga Jalani Tes Kesehatan 

Bakal calon Capres dan Cawapres di Pilpres 2019, Prabowo Sbianto-Sandiaga Uno.
Istimewa
Bakal calon Capres dan Cawapres di Pilpres 2019, Prabowo Sbianto-Sandiaga Uno.

JAKARTA, NNC - Bakal calon Capres dan Cawapres di Pilpres 2019, Prabowo Sbianto- Sandiaga Uno akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Senin (13/8/2018). 

Sesuai jadwal proses pemeriksan akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sementara Tim medis yang akan menanganinya adala gabungan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ilham Oetama dan Tim Dokter dari RSPAD dipimpin Dokter Terawan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. 

Adapun, syarat tes kesehatan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang selanjutnya diatur dengan Perubahan KPU RI Nomor 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. 

Di dalam Peraturan Kpu tersebut disebutkan bahwa KPU berokoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menyusun panduan teknis penilaian kemampuan rohani dan jasmani bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden yang ditetapkan dengan keputusan KPU serta memperoleh rekomendasi rumah sakit pemerintah yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan. 

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat wajib bagi capres-cawapres dalam Pilpres 2019

Sebelumnya, Minggu (12/8/2018) Joko Widodo - KH.Ma'ruf Amin telah menjalani tes kesehatan sebagai syarat bakal capres-cawapres 2019. 

Keduanya memulai proses medis cek up pukul 08.00 WIB. Proses tersebut memakan waktu selama 12 Jam.

Prabowo-Sandiaga sebelumnya resmi mendaftarkan diri bakal capres-cawapres 2019 pada 10 Agustus yang lalu di Kantor Komisi Pemilihan Umum JL. Imam Bonjol, Menteng,Jakarta Pusat.

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?