• News

  • Nusantara

Sebab Kasus Kades, Dua Desa di Bengkulu Utara Tak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap II

Ilustrasi dana desa
media Indonesia
Ilustrasi dana desa

BENGKULU UTARA, NNC -- Akibat adanya permasalahan terkait kepala desa, terdapat dua desa yang tak kunjung mencairkan dana desa tahap ke 2.

Desa itu yakni Desa Karya Pelita Kecamatan Putri Hijau dan Desa Bukit Berlian Kecamatan Napal Putih di Kabupaten Bengkulu Utara.

Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara, melalui sekretaris, Drs Ahmad Bastari membenarkan hal ini.  

“Saat ini kedua desa tersebut belum bisa mencairkan dana desa tahap 2,” katanya, merangkum bengkuluekspres, Minggu (16/9/2018).

Diketahui, alasan tak bisa dilakukan pencairan untuk Desa Bukit Berlian karena sampai saat ini kepala desanya belum diketahui keberadaannya, hingga pencairan tidak bisa diwakilkan. Oleh sebab itu, kasus ini ditangani oleh pihak Inspektorat Bengkulu Utara.

Sedangkan untuk Desa Karya Pelita juga masih mengalami permasalahan lantaran adanya dugaan penggelapan, bahkan menurutnya khusus untuk desa ini bukan hanya untuk tahap 2 tetapi juga sejak tahap 1 lalu.

“Karena memang fungsi kades adalah sebagai penentu kebijakan dan pemberi keputusan termasuk dalam pencairan dana desa," jelasnya.

Selanjutnya, pihak DPMD mengimbau kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara agar dalam membuat segera membuat laporan tahap 1 dan 2 sebagai persyaratan pencairan tahap 3 yang rencananya pertengahan September ini.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?