• News

  • Pendidikan

Setelah 30 Tahun Berstatus Akademi, BSI Resmi Menjadi Universitas

Jajaran BSI dan Pewakilan Kemeristek serta 8.000 menyaksikan penyerahan SK perubahan menjadi universitas
istimewa
Jajaran BSI dan Pewakilan Kemeristek serta 8.000 menyaksikan penyerahan SK perubahan menjadi universitas

BEKASI, NNC - Selama 30 tahun eksis di dunia pendidikan di Indonesia dengan jumlah 24 perguruan tinggi yang tersebar di beberapa kota di Tanah Air, akhirnya Bina Sarana Informatika (BSI) Group memutuskan untuk mengubah statusnya menjadi universitas.

Surat Keputusan perubahan Akademi BSI menjadi Universitas BSI diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Ainun Na'im, Ph.D, MBA bertepatan dengan  kegiatan seminar motivasi BSI yang diikuti oleh 8 ribu mahasiswa baru BSI tahun ajaran 2018/2019, di  BSI Convention Center, Bekasi, Minggu (16/9/2018).

Direktur BSI Naba Aji Notoseputro mengatakan, perubahan dari akademi menjadi universitas membutuhkan proses yang cukup lama. Dari 24 perguruan tinggi yang berada di bawah payung BSI Group, ada 21 perguruan tinggi yang diubah menjadi universitas.

"Sementara sisanya, Universitas BSI Bandung dan STEMIK Nusa Mandiri, karena dikelola oleh yayasan yang berbeda, maka statusnya masih sama  Tapi, itu tetap dibawah Grup BSI. Setelah penggabungan ini, besok BSI hanya punya tiga perguruan tinggi, yakni Universitas BSI, Universitas BSI Bandung dan STMIK Nusa Mandiri," sebutnya.

Pihaknya mengaku sangat senang menerima surat keputusan tersebut bahkan langkah menjadi universitas BSI mewujudkan BSI bisa menjadi universitas terbesar dengan akreditasi baik. Selain itu juga sebagai upaya BSI dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan serta kompetensi lulusannya.

Ke depan universitas BSI akan memiliki empat fakultas yakni, fakultas teknik, fakultas tekhnologi informasi, fakultas komunikasi dan bahasa serta fakultas ekonomi dan bisnis.

Dari 4 Fakultas Universitas BSI memiliki 19 (sembilan belas) program studi, yakni Teknik Elektro, Teknik Industri, Sastra Inggris, Komputerisasi Akuntansi, Manajemen Informatika, Sekretari, Manajemen Administrasi, Bahasa Inggris, Periklanan, Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Manajemen Perpajakan, Akuntansi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Manajemen, Ilmu atau Sains Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

"Ini perjuangan kita, untuk mendukung program pemerintah. Menjadi Universitas juga menjadi kebanggaan bagi kampus dan mahasiswa yang menimba ilmu sehingga ke depan bisa terus melanjutkan pendidikan untuk mencerahkan bangsa," jelasnya.

Dengan menjadi universitas, sambung Naba, mahasiswa yang berada di daerah maupun di ibu kota akan merasakan hak yang sama, baik dari sistem pembelajaran, pengembangan kompetensi, hingga kesempatan berkarier yang dimiliki oleh lulusan UBSI.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?