• News

  • Kesehatan

Ngeri, Cacing 15 Cm Bersarang di Mata Pria Ini

Cacing Parasit bersarang di mata seorang pria India
Daily Mail
Cacing Parasit bersarang di mata seorang pria India

KARNATAKA, NNC - Keadaan mengerikan dialami oleh seorang pria asal India yang tak disebutkan namanya. Bagaimana tidak?, ada seekor cacing parasit sepanjang 15cm bersarang di mata pria tersebut.

Dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (14/10/2018), Dr Srikanth Shetty memperhatikan cacing parasit di matanya dan mengidentifikasi itu sebagai spesies Wuchereria Bancrofti.

Shetty memperingatkan cacing memiliki potensi untuk secara permanen merusak penglihatan pria itu jika tidak segera diangkat.

"Tantangannya adalah untuk mencabut cacing hidup seperti membunuhnya di dalam mata akan menciptakan komplikasi. Cacing juga sulit untuk dijepit saat bergerak. Pasien juga memiliki cacing dalam darahnya dan telah diberi obat," jelas dokter.

Sebuah rekaman video dokumentasikan para dokter mengeluarkan cacing yang menggeliat dari mata pria itu. Pasien mengeluhkan rasa sakit dan gatal di matanya dan memutuskan untuk mencari bantuan medis.

Para dokter yang takjub melihat parasit itu, yang berukuran 15 cm, menggeliat di salah satu bola matanya dan menariknya keluar. Tes lebih lanjut mengungkapkan pria berusia 60 tahun, dari Karnataka memiliki cacing dalam darahnya.

Pasien mencari bantuan di New Medical Center di Kundapur. Tidak diketahui bagaimana cacing masuk ke matanya.

Istilah medis yang sebenarnya untuk memiliki cacing parasit atau larvanya di mata adalah filariasis okular. Diketahui, keadaan itu ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Diperkirakan 120 juta orang, terutama di Afrika Tengah, Amerika Selatan dan Tengah, dan Asia terinfeksi dengan cacing. Sangat jarang ditemukan di mata.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?