• News

  • Nasional

Ini 5 Fakta Remaja Mabuk Setelah Menenggak Air Rebusan Pembalut

Ilustrasi mabuk setelah minum rebusan air pembalut
bombatis
Ilustrasi mabuk setelah minum rebusan air pembalut

JAKARTA, NNC - Jika selama ini diketahui, ada para remaja yang mengkonsumsi obat batuk atau lem sebagai ganti narkoba, namun belakangan ini ada fenomena baru.  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menemukan  sejumlah remaja menggunakan air rebusan pembalut wanita agar dapat teler layaknya mengonsumsi narkotika.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan fenomena itu  tak hanya terjadi Jawa Tengah, tetapi juga di Jakarta dan Jawa Barat, antara lain di Karawang, Bekasi, dan Jakarta Timur.

"Menurut mereka pembalut wanita di dalamnya, mengandung bahan-bahan psikoaktif mungkin sebagai pengawet atau bahan yang lain. Tapi ini tentu masih diperlukan pendalaman dan pemeriksaan laboratorium," ungkap Arman di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

Terkait hal itu, berikut sejumlah fakta yang terungkap:

1. Kabid Berantas BNNP Jawa Tengah Suprinarto mengungkapkan pihaknya mendapat laporan adanya segerombolan anak jalanan di KUdus yang mabuk-mabukan mengkonsumsi cairan dari hasil rebusan pembalut wanita. Laporan itu masuk kurang lebih 3 bulan yang lalu.

2. Salah satu anak pemakai yang telah ditangani psikolog mengaku mabuk-mabukan dengan menggunakan pembalut yang direbus. Lalu didiamkan sesaat, saat dingin baru air itu diminum bersama-sama.

3. Suprinarto menyebut, fenomena ini sudah pernah terjadi di daerah Jogjakarta dan Karawang Jawa Barat, bahkan di luar pulau jawa, Bangka Belitung. Fenomena ini terjadi pada tahun 2016 silam. Rata-rata yang melakukannya adalah anak remaja, dengan rentang usia 13 sampai 16 tahun.

4. Suprinarto mengatakan, sebelumnya para remaja-remaja tanggung itu menggunakan pembalut bekas yang sudah dipakaim yang diambilnya dari tempat pembuangan sampaid ipakai lalu direbus dan diminum. Tapi lambat laun tren tersebut berubah. Kebanyakan remaja mulai jijik menggunakan pembalut bekas.

5. Para remaja sekarang menggunkan pembalut baru. Bagi mereka, air rebusa pembalut itu   rasanya seperti menggunakan sabu-sabu. "Pembalut kan ada gelang yang fungsinya menyerap air itu yang bikin fly," kata Suprinarto.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?