• News

  • Hankam

Ini yang Akan Diantisipasi Polri-TNI Selama Operasi Lilin 2018

Aparat gabungan TNI-Polri.
Dokumentasi NNC/Anhar Rizky Affandi
Aparat gabungan TNI-Polri.

JAKARTA, NNC - Polri bersama TNI serta stakeholder terkait menggelar Operasi Lilin 2018 guna mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dalam operasi ini, ada beberapa kerawanan yang akan diantisipasi.

"Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda transportasi baik darat laut dan udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," kata Kasdam Jaya, Brigjen TNI Suharyanto saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam apel pasukan Operasi Lilin 2018 di Mapolda Metro Jaya, Jumat (21/12/2018).

Menurutnya, potensi kerawanan ini akan muncul di masyarakat dengan adanya peningkat intensitas kegiatan masyarakat saat perayaan Natal dan Tahun Baru nantinya.

"Terhadap potensi aksi sweeping ormas tertentu perlu dilakukan imbauan kepada tokoh ormas agar tidak melakukan upaya sweeping, melainkan melaporkannya kepada pihak kepolisian selanjutnya petugas kepolisian segera merespons sesuai aturan yang berlaku," jelasnya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi adanya serangan terorisme, Kapolri meminta untuk Satuan Tugas yang berada di Polda-Polda untuk ditingkatkan agar aksi teror bisa dihilangkan.

"Selain itu guna meningkatkan keamanan personel di lapangan perlu terapkan body sistem dan peningkatan kewaspadan personel," tambahnya.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?