• News

  • Nasional

Presiden Jokowi Lantik Doni Monardo Jadi Kepala BNPB Hari Ini

Doni Monardo, Kepala BNPB yang baru.
Kastara
Doni Monardo, Kepala BNPB yang baru.

JAKARTA, NNC - Hari ini, Rabu (9/1/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru di Istana Negara.Jakarta. Dia menggantikan Willem Rampangilei, Kepala BNPB sebelumnya.

Informasi terkait pelantikan Kepala BNPB tersebut diketahui sejak Selasa (8/1/2019) petang, ketika Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengirim foto undangan pelantikan dalam sebuah grup Whats App.

Pelantikan Doni tertunda sepekan setelah Jokowi mendadak bertolak ke Lampung untuk mengunjungi korban tsunami Selat Sunda.

Sementara itu, saat dihubungi wartawan, putra Minang, Sumatera barat ini tak membantah kabar pelantikan dirinya yang sempat tertunda itu. Lewat pesan Whats App nya kepada wartawan, Mantan Pangdam Siliwangi itu menjawab, 'Insyaallah.'

Adapun, penundaan pelantikan Doni sebelumnya karena menunggu revisi Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2018 tentang BNPB.

Sedangkan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, ada beberapa perubahan dalam aturan tersebut, di antaranya BNPB akan berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya lembaga ini berada di bawah koordinasi

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, saat ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Kalau emergency itu bisa ditangani oleh Menko Polhukam. Kalau sudah rehabilitasi oleh Menko PMK, di situ yang paling mendasar, " kata Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Selain ityu, Moeldoko mengatakan, dengan berpindahnya koordinasi ke Menko Polhukam, kepala BNPB yang berasal dari lingkungan militer tak masalah bila masih aktif.

"Kenapa aktif? Karena biasanya kebencanaan itu segera action dari tentara, kepolisian. Maka kalau aktif mudah mengkonsolidasikan," kata dia.

Untuk diketahui bahwa, Doni Monardo masih bertugas sebagai anggota militer aktif. Doni pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pasca penunjukan dirinya jadi Kepala BNPB, pria kelahiran Sumatera Barat itu baru sekitar 10 bulan menjabat sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional. Selamat bertugas pak Doni.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?