• News

  • Pendidikan

Bersama Percasi, BPK Penabur Jakarta Siapkan Generasi Milenial Catur 2019

Fesitival “Chess in School” di Aula SMAK Penabur, Jakarta, Sabtu (12/1/2019)
BPK Penabur
Fesitival “Chess in School” di Aula SMAK Penabur, Jakarta, Sabtu (12/1/2019)

JAKARTA, NNC -- Sekolah BPK PENABUR Jakarta bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar Fesitival “Chess in School”. Kegiatan yang terdiri dari turnamen, hiburan, dan edukasi catur ini berlangsung pada Sabtu, 12 Januari 2019, di Aula SMAK 1 PENABUR, pada Sabtu (12/1/2019).

Setidaknya, antusiasme kegiatan ini cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta yang mencapai 283, yang terdiri dari 141 peserta SD, 80 peserta SMP, dan 62 Peserta SMA perwakilan dari 80 sekolah BPK Penabur se-Indonesia.

Turnamen terbagi ke dalam tiga jenis perlombaan yaitu beregu, perorangan putra, dan perorangan putri.

Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengatakan bahwa kegiatan "Chess in School" merupakan ajang untuk menemukan bibit-bibit unggul baru. 

"Ajang ini diharapkan dapat menemukan bibit-bibit unggul generasi milenial catur," katanya. “Permainan dan pertandingan catur online memudahkan generasi milenial selain untuk mengasah kemampuan catur mereka tetapi jugamelatih mereka untuk berpikir secara strategi."

Selain itu, edukasi catur di sekolah juga bermanfaat untuk perkembangan siswa-siswi, seperti mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta kedisiplinan. 

Sementara itu, Deputi Direktur Pelaksana BPK Penabur Jakarta, Elika Dwi Murwani mengutarakan hal senada. Menurutnya, alih-alih mengalahkan orang lain, “Chess in School” justru menjadi ajang untuk mengasah jati diri para siswa untuk mengalahkan diri sendiri. 

"Melalui kegiatan catur di sekolah, siswa-siswi dapat mengembangkan kemampuan dan bakat untuk lebih berpikir strategis, disiplin, menguasai diri, serta melatih mental dalam berkompetisi,” jelasnya.

Catur menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Sea Games 2019 di Manila, 30 November – 11 Desember mendatang. Diharapkan melalui “Chess in School”, dapat lahir generasi milenial catur yang membanggakan Indonesia.

Di kesempatan ini juga, beberapa pecatur berprestasi yang dihadirkan diantaranya Samantha Edithso (Women FIDE Master), Grandmaster Utut Adianto dan Susanto Megaranto serta sejumlah International Master.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?