• News

  • Nasional

Salat Sunnah di Dalam Kakbah, Jokowi Sempat Gamang Harus Menghadap Kemana

Presiden Jokowi dan rombongan usai masuk ke dalam Kakbah.
FB Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi dan rombongan usai masuk ke dalam Kakbah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan telah menunaikan ibadah umrah pada Senin (15/4/2019). Pada kesempatan itu, Presiden, Ibu Iriana, dan rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalam Kakbah.

Usai masuk ke dalam Kakbah, Presiden bersama rombongan melakukan thawaf yang kemudian dilanjutkan dengan Salat Subuh berjamaah di depan Multazam.

Kemudian setelah salat, Presiden bersama rombongan melaksanakan sai. Mengakhiri ibadah umrah, Presiden dan rombongan melakukan tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat.

Terkait kesempatan masuk ke dalam bangunin suci umat islam ini, Presiden mengungkapkan perasaan hatinya melalui sebuah tulisan di akun Facebook terverifikasi, Presiden Joko Widodo @jokowi.  Berikut selengkapnya posting-an Jokowi tersebut;


"Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya."

Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru.

Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja.

Azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, dengan rasa syukur yang tiada terhingga. Istri saya, Gibran, dan Kaesang, menyusul turun. Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup."


Saat ini, posting-an tersebut disukai sekitar 183 ribu pemilik akun Facebook lainnya, dibanjiri oleh sebanyak 19 ribuan komentar, dan telah dibagikan sebanyak 9,9 ribuan kali.

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?