• News

  • Nasional

BC Soal Om Telolet Om Bentuk Yahudinisasi Umat Muslim

Presiden Jokowi (kaskus)
Presiden Jokowi (kaskus)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fenomena "Om Telolet Om" saat ini tak hanya digandrungi anak-anak saja, kaum dewasa pun cukup merasakan kegembiraan fenomena "Om Telolet Om".

Belakang isu yang tersebar di viral media sosial khususnya whatsapp menyebut ada Yahudinisasi umat muslim dalam fenomena "Om Telolet Om". Benarkah ?

Bersama isu tersebut di whatsapp, disebutkan kata Om berasal dari bahasa Bali kuno yang berati Tuhan, Telolet adalah bahasa Swahili yang berarti Yahweh.

"Om telolet om Maka kalian sedang menyebut Yahweh tuhan orang Yahudi," kata pesan tersebut.

Dalam pesan itu juga mengajak penerima BC (broadcast) untuk menyebarkan pesan ini, "Jangan berhenti di Kamu! Kalian sedang di yahudinisasi!!!," perintahnya.

Sampai saat ini belum ada yang bisa dikonfirmasi terkait kebenaran pesan tersebut.

Terkait dengan fenomena baru yakni "Om Telolet Om", Presiden Joko Widodo ini ikut angkat bicara.

Kini fenomena tersebut memang sedang banyak diperbicangkan di media sosial. menurut Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, fenomena "Om Telolet Om" ini merupakan hiburan ataupun hobi yang sederhana yang kini tengah muncul ditengah masyarakat.

Dirinya juga bersikap sama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang membatasi aksi tersebut. Hal ini memang tidak dilarang namun juga harus ada batasannya.

"Ya pasti ada batas-batasnya masa bus baru berjalan dicegat di tengah jalan, ya kan hal-hal seperti itu yang dilarang," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi

Apa Reaksi Anda?