Ilustrasi - Media hoax (klikabar)

Ilustrasi - Media hoax (klikabar)

DPR: Uji Kompetensi Wartawan Itu Penting

Selasa, 10 Jan 2017 | 21:01 WIB | Nasional

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almarsyhari menegaskan pihaknya sangat mendukung terhadap upaya Dewan Pers untuk melakukan uji kompetensi bagi wartawan Indonesia.

"Ini penting dilakukan minimal mengurangi berita-berita bohing atau hoax meresahkan masyarakat di tengah menjamurnya media online saat ini," tegas Abdul Kharis dalam diskusi di Ruang Media Center Kompleks Parlemen, Selasa (10/1/2017).

Ia menambahkan DPR mendukung upaya uji kompetensi yang akan dilakukan oleh Dewan Pers tersebut untuk mengetahui siapa wartawan yang professional dan yang abal-abal.

"Wartawan abal-abal itu mungkin saja memproduksi berita hoax. Dan hoax atau berita bohong itu tidak bisa dibiarkan karena antara lain agama manapun melarang membuat dan menulis berita bohong,” ujarnya.

Lanjut dia, bahwa dengan membanjirnya berita hoax tersebut maka masyarakat yang pada mulanya percaya media mainstream, media yang jelas dan bertanggung jawab bergeser juga kepada media online akhir-akhir.

Media online ini banyak berita hoaxnya tetapi sunguh memprihatinkan banyak warga mempercaya hoax. “Jadi, ini tak boleh dibiarkan,” tegas Abdul Kharis.


Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi