Selasa, 16 Januari 2018 | 18:24 WIB

  • News

  • Nasional

KS Komnas HAM Ajak Masyarakat Kawal Proses Seleksi Komisioner

Ilustrasi gedung Komnas HAM (istimewa)
Ilustrasi gedung Komnas HAM (istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sedikitnya 21 LSM yang tergabung dalam kelompok Koalisi Selamatkan Komnas HAM mengajak masyarakat untuk ikut mengawal dan selamatkan lembaga perlindungan hak asasi manusia tersebut.

"Beberapa tahun terakhir kita dipertontokan manuver Komnas HAM yang jauh dari upaya pemajuan HAM. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa kasus mulai perebutan kursi pimpinan, indikasi terjadinya korupsi sehingga menimbulkan pernyataan sensasional dari beberapa komisioner. Bahkan muncul persoalan lainnya sehingga banyak pihak menilai Komnas HAM periode 2012-2017 merupakan periode terburuk dalam sejarah Komnas HAM," kata salah satu koordinator gerakan selamatkan komnas HAM, Yuanita dari LBH Jakarta dalam keterangan di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Dijelaskan, selain berpartisipasi melakukan rekam jejak calon komisioner, adapun, Koalisi Selamatkan Komnas HAM juga mencoba melakukan assessment singkat permasalahan yang dihadapi oleh institusi Komnas HAM

"Assessment singkat tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bahan reformasi kelembagaan dan input bagi proses seleksi calon anggota Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut .

Berdasarkan hal tersebut Koalisi Selamatkan Komnas HAM akan menggelar diskusi pada Minggu (16/7/2017) bertempat di KeKini Jl. Cikini Raya No.43-45,Menteng Jakarta Pusat pukul 12.00 WIB."

"Jadi, kami ingin mengajak rekan-rekan media untuk ikut dalam proses diskusi mendalam seputar masalah seleksi calon anggota, internal dan hambatan struktural Komnas HAM, dalam sesi media briefing tersebut," ajak panitia penyelenggara sebagaimana dalam undangan kepada pers.

Berikut adalah Lembaga-lembaga yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Komnas HAM :  Arus Pelangi, ELSAM, HRWG, ICW, IKOHI, Imparsial, INFID, Institut KAPAL Perempuan, KPA, KKPK, Koalisi Perempuan Indonesia, KontraS, LBH Jakarta, LBH Masyarakat, PBHI, SEJUK, Setara Institute, WALHI, YLBHI, dan YPI.

Untuk keterangan Anda dapat menghubungi Totok Yuliyanto (PBHI) 082297771782,Yuanita (LBH Jakarta) : 0899-9000-627, dan Zico Mulia (KKPK) : 08211409605

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?