Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:46 WIB

  • News

  • Nasional

Soal Pembubaran Ormas, Mendagri: Ormas Kecil, tapi Cukup Punya Nama

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Klik Kabar
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setelah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan dengan terbitnya Perppu No.2 Tahun 2017, kini giliran 5 organisasi masyarakat (Ormas) lainnya yang bakal dicabut nyawanya oleh pemerintah. Hal tersebut setelah pemerintah berencana membubarkan lima ormas setelah mendapat laporan dari masyarakat di daerah.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo yang menyebut ada lima ormas yang bakal dibubarkan karena bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Kemendagri (mendapatkan) laporan dari daerah, bahwa ada ormas kecil, tapi ormas kecil ini cukup punya nama," kata  Tjahjo Kumolo di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/8/2017).

Dijelaskan,  nantinya hasil keputusan Kemendagri akan diserahkan pada sejumlah pihak terkait, yang menangani pembubaran tersebut. Mulai dari pihak Kejaksaan hingga tokoh masyarakat.

"Hasil Kemendagri ya kita serahkan aja, baik itu bagian Kejaksaan, Kepolisian, ke Kemenko, ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat daerah," tegas Tjahjo.

Mantan Sekjen PDIP itu menegaskan bahwa pembubaran ormas harus diputuskan berdasarkan dugaan kuat. 

Karena kami memutuskan ormas ini layak dibubarkan atau tidak, harus punya porsi yang kuat," kata Tjahjo.

Mendagri juga mencontohkan, Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang kini telah dibubarkan setelah 10 tahun diawasi. Sedangkan terkait lima ormas kecil lainnya, ia mengaku telah melakukan pengawasan selama 2 tahun, kata Tjahjo Kumolo.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?